Kualifikasi Controller



Kualifikasi Controller
Sebagai seorang pimpinan eksekutif yang memegang peranan penting dalam perusahaan, maka Controller harus memenuhi kualifikasi tertentu agar dapat bekerja dengan efektif. Menurut pendapat Wilson dan Campbell yang dialihbahasakan oleh Tjendera (1996,21) dalam buku “Controllership” – Tugas Akuntan Manajemen, seorang Controller yang efektif harus memiliki kualifikasi sebagai berikut :
“1. Dasar Teknis yang sangat baik dalam akuntansi dan akuntansi biaya, disertai suatu pengertian dan pengetahuan yang menyeluruh mengenai prinsip-prinsip akuntansi.
2.   Pemahaman terhadap prinsip-prinsip perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian
3.   Pemahaman umum mengenai jenis industri perusahaan dan pemahaman terhadap kekuatan sosial, ekonomi dan politik, yang terlibat.
4.   Pemahaman yang mendalam mengenai perusahaan, termasuk teknologi, produk, kebijaksanaan, tujuan, sejarah, organisasi dan lingkungannya.
5.   Kemampuan untuk berkomunikasi dengan seluruh tingkat manajemen dan suatu pemahaman dasar terhadap masalah fungsional lainnya yang berhubungan dengan teknik, produksi, pembelian, dan pemasaran”.
6.    Kemampuan untuk menyatakan ide dengan jelas, secara tertulis ataupun dalam penyajian yang informatif.
7.    Kemampuan menggerakkan orang lain untuk mencapai tindakan dan hasil yang positif.

Jadi selain diharapkan memiliki kemampuan teknis dalam bidang akuntansi, seorang Controller harus juga memiliki integritas dan kemampuan untuk berkomunikasi serta menyatakan ide dengan jelas agar fakta-fakta yang disajikannya dapat dimengerti dan berguna dalam pengambilan keputusan.

No comments

Powered by Blogger.