Tujuan Pemasaran



  Tujuan Pemasaran
Tujuan pemasaran yang dikemukakan oleh Kotler yang dialihbahasakan oleh Imam Nurwaman (1997,3) dalam buku “Prinsip-prinsip Pemasaran” adalah sebagai berikut :
“Tujuan pemasaran adalah membuat penjual berlebihan. Tujuannya adalah mengetahui dan memahami pelanggan dengan sebaik-baiknya sehingga kita dapat menghasilkan produk atau jasa yang sesuai…..dan terjual dengan sendirinya”.

Sedangkan tujuan pemasaran yang dikemukakan oleh Evan dan Berman (1992,36) adalah sebagai berikut :
“Marketing objectives are more customer oriented than those set by Top Management”.

Artinya tujuan pemasaran lebih diorientasikan terhadap pelanggan daripada yang ditentukan oleh manajemen tingkat atas. Tujuan pemasaran dijabarkan sebagai berikut. :
1.      Image, pandangan konsumen akan layak terhadap perusahaan dan produk spesifik yang dihasilkan oleh perusahaan.
2.      Sales, tujuan penjualan memberikan perhatian atas merek, mengembangkannya melalui perkenalan produk baru, dan menerima segmen pasar yang tidak puas.
3.      Profit, tujuan laba ditentukan dalam satuan per unit atau total laba.
4.      Differential Advantages, laba yang berbeda-beda dapat dicapai melalui pandangan khusus, produk baru, kualitas produk, ketersediaan, pelayanan terhadap pelanggan, harga yang rendah, dan karakteristik lainnya.
Dari beberapa pandangan para ahli diatas, dapat diambil suatu kesimpulan bahwa tujuan pemasaran adalah mempermudah suatu produk baik barang maupun jasa untuk dipasarkan sehingga perusahaan memperoleh keuntungan.

No comments

Powered by Blogger.