Tujuan Pemasaran
Tujuan Pemasaran
Tujuan pemasaran yang
dikemukakan oleh Kotler yang dialihbahasakan oleh Imam Nurwaman (1997,3) dalam
buku “Prinsip-prinsip Pemasaran” adalah sebagai berikut :
“Tujuan pemasaran adalah membuat penjual berlebihan. Tujuannya adalah
mengetahui dan memahami pelanggan dengan sebaik-baiknya sehingga kita dapat
menghasilkan produk atau jasa yang sesuai…..dan terjual dengan sendirinya”.
Sedangkan tujuan pemasaran
yang dikemukakan oleh Evan dan Berman (1992,36) adalah sebagai berikut :
“Marketing
objectives are more customer oriented than those set by Top Management”.
Artinya
tujuan pemasaran lebih diorientasikan terhadap pelanggan daripada yang
ditentukan oleh manajemen tingkat atas. Tujuan pemasaran dijabarkan sebagai
berikut. :
1. Image,
pandangan konsumen akan layak terhadap perusahaan dan produk spesifik yang
dihasilkan oleh perusahaan.
2. Sales,
tujuan penjualan memberikan perhatian atas merek, mengembangkannya melalui
perkenalan produk baru, dan menerima segmen pasar yang tidak puas.
3. Profit,
tujuan laba ditentukan dalam satuan per unit atau total laba.
4. Differential
Advantages, laba yang berbeda-beda dapat dicapai melalui pandangan khusus,
produk baru, kualitas produk, ketersediaan, pelayanan terhadap pelanggan, harga
yang rendah, dan karakteristik lainnya.
Dari beberapa pandangan
para ahli diatas, dapat diambil suatu kesimpulan bahwa tujuan pemasaran adalah
mempermudah suatu produk baik barang maupun jasa untuk dipasarkan sehingga
perusahaan memperoleh keuntungan.
Post a Comment