Langkah-langkah Pengendalian Biaya Pemasaran
Langkah-langkah Pengendalian Biaya Pemasaran
Wilson dan Campbell
(1996,8) memberikan rerangka dasar pengendalian secara umum sebagai berikut :
“1. Penetapan Standar
2.
Pengukuran Pelaksanaan
3.
Evaluasi Penyimpangan
4.
Rekomendasi Perbaikan
5.
Follow Up”
Berdasarkan
rerangka dasar pengendalian tersebut diatas, maka langkah-langkah dalam
pengendalian biaya pemasaran yang dikemukakan oleh Supriyono (1992,201), adalah
sebagai berikut :
1.
Menyusun anggaran biaya pemasaran sebagai standar
perbandingan. Dalam menyusun anggaran biaya pemasaran, biaya-biaya
didistribusikan secara fungsional. Selain itu juga, dalam menyusun anggaran
biaya pemasaran perlu memperhatikan besarnya anggaran penjualan yang diharapkan
akan dicapai oleh perusahaan;
2.
Mengumpulkan dan mencatat biaya-biaya pemasaran yang
sebenarnya terjadi dan membandingkannya dengan anggaran biaya pemasaran yang
telah ditetapkan sebagai standar perbandingan;
3.
Mencari dan mengevaluasi sebab-sebab terjadinya
penyimpangan atau perbedaan antara biaya pemasaran yang sebenarnya dengan biaya
pemasaran yang dianggarkan (dalam rupiah maupun dalam persentase)
4.
Memberikan rekomendasi-rekomendasi untuk memperbaiki
penyimpangan-penyimpangan yang terjadi
5. Menindaklanjuti
dengan senantiasa berrkomunikasi dengan pihak-pihak terkait.
Post a Comment