Pengertian Efektivitas



Pengertian Efektivitas
Efektivitas merupakan salah satu aspek penelitian terhadap prestasi manajemen dalam mengelola perusahaan. Oleh karena itu efektivitas mendapatkan perhatian khusus dari manajemen. Efektivitas berkaitan dengan pencapaian tujuan perusahaan yang telah ditetapkan yaitu profit yang memadai.
Pengertian efektivitas yang dikemukakan oleh Arens dan Loebbecke (1997,792) adalah sebagai berikut :
“Effectiveness refers to the accomplishment of objective, where as efficiency refers to the resources used to achieve those objectives”.

Efektivitas cenderung kepada pencapaian suatu hasil. Efektivitas berkaitan dengan derajat keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya.



Komaruddin (1994,269) mengemukakan pengertian efektivitas sebagai berikut :
“Efektivitas merupakan suatu keadaan yang menunjukkan tingkat keberhasilan (atau kegagalan) kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu”.
Pengertian efektivitas yang lain dikemukakan oleh Anthony dan Gavin Darajan (1995,111) sebagai berikut :
‘Effectiveness is the relationship between a responsibility center’s outputs and its objectives”.
Usaha penjualan yang efektiv dapat dikatakan sebagai penjualan yang mampu memberikan konstribusi yang baik bagi perusahaan yaitu dengan tercapainya anggaran penjualan yang telah ditetapkan serta lancarnya aktivitas penjualan, sedangkan pengendalian penjualan yang efektiv adalah apabila target penjualan yang dikehendaki dapat tercapai.

No comments

Powered by Blogger.