Pengertian Pemasaran



 Pengertian Pemasaran
Definisi pemasaran yang dikemukakan oleh Keegan, dkk (1995,4) adalah sebagai berikut :
“Marketing is the process of planning and executing the conception, pricing, promotion, and distribution of ideas, goods, and services to create exchanges that will satisfy individual and organizational objectives”.

Sedangkan menurut Evans dan Berman (1994,11) definisi pemasaran adalah sebagai berikut :
“Marketing is the performance of business activities that direct the flow of goods and services from producer to consumer or user”.

Definisi pemasaran yang lain dikemukakan oleh Kottler yang dialihbahasakan oleh Imam Nurwaman (1997,3) yaitu sebagai berikut:

“Pemasaran adalah sebuah proses sosial dan manajerial, yang dengannya individu-individu dan kelompok-kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan, dengan menciptakan dan saling menukarkan produk-produk dan nilai satu sama lain.”

Untuk menjelaskan definisi ini maka akan dibahas mengenai istilah-istilah berikut ini :
1.      Kebutuhan, kebutuhan manusia adalah suatu keadaan yang dirasakan oleh seseorang dan ada dalam diri seseorang.
2.      Keinginan, keinginan manusia merupakan kebutuhan yang dibentuk oleh kultur dan kepribadian individu.
3.      Permintaan, manusia memiliki keinginan yang tidak terbatas sedangkan sumber daya yang tersedia terbatas. Mereka mamilih produk yang menghasilkan kepuasan tertinggi untuk uang mereka. Keinginan mereka menjadi permintaan bila didukung oleh daya beli.
4.      Produk, segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan dan tidak terbatas hanya pada objek fisik. Istilah produk dapat juga diganti menjadi pemuas sumber daya dan tawaran.
5.      Pertukaran, suatu tindakan untuk memperoleh suatu objek yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya. Dalam pemasaran, konsep pertukaran mempunyai beberapa syarat yang harus dipenuhi. Sedikitnya ada dua pihak dan masing-masing pihak harus mempunyai sesuatu yang bernilai bagi pihak lainnya. Masing-masing pihak harus mau melakukan pertukaran dengan pihak lainnya, masing-masing pihak harus bebas menerima atau menolak tawaran pihak lainnya, dan masing-masing pihak harus mampu berkomunikasi.
6.      Transaksi, adalah perdagangan nilai antara dua pihak. Transaksi melibatkan sedikitnya dua barang yang bernilai, syarat-syarat disepakati, waktu kesepakatan, dan tempat kesepakatan.
7.      Pasar, merupakan himpunan para pedagang yang memiliki barang untuk dijual dan para pembeli yang memerlukan barang. Yang menjadi dasar adalah pertukaran terpusat dimana muncul pihak baru yang disebut pedagang dan berlokasi di sebuah daerah yang disebut pasar.
Dari pengertian-pengertian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa pemasaran merupakan kegiatan perusahaan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan selera masyarakat sebagai konsumennya serta menyampaikan barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan kepada masyarakat.

No comments

Powered by Blogger.