Pengertian Pemasaran
Pengertian Pemasaran
Definisi pemasaran yang
dikemukakan oleh Keegan, dkk (1995,4) adalah sebagai berikut :
“Marketing
is the process of planning and executing the conception, pricing, promotion,
and distribution of ideas, goods, and services to create exchanges that will
satisfy individual and organizational objectives”.
Sedangkan menurut Evans dan
Berman (1994,11) definisi pemasaran adalah sebagai berikut :
“Marketing is the performance of business activities that
direct the flow of goods and services from producer to consumer or user”.
Definisi pemasaran yang
lain dikemukakan oleh Kottler yang dialihbahasakan oleh Imam Nurwaman (1997,3)
yaitu sebagai berikut:
“Pemasaran
adalah sebuah proses sosial dan manajerial, yang dengannya individu-individu
dan kelompok-kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan, dengan
menciptakan dan saling menukarkan produk-produk dan nilai satu sama lain.”
Untuk menjelaskan definisi
ini maka akan dibahas mengenai istilah-istilah berikut ini :
1.
Kebutuhan, kebutuhan manusia adalah suatu keadaan yang
dirasakan oleh seseorang dan ada dalam diri seseorang.
2. Keinginan,
keinginan manusia merupakan kebutuhan yang dibentuk oleh kultur dan kepribadian
individu.
3. Permintaan,
manusia memiliki keinginan yang tidak terbatas sedangkan sumber daya yang tersedia
terbatas. Mereka mamilih produk yang menghasilkan kepuasan tertinggi untuk uang
mereka. Keinginan mereka menjadi permintaan bila didukung oleh daya beli.
4. Produk,
segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan
dan tidak terbatas hanya pada objek fisik. Istilah produk dapat juga diganti
menjadi pemuas sumber daya dan tawaran.
5. Pertukaran,
suatu tindakan untuk memperoleh suatu objek yang diinginkan dari seseorang
dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya. Dalam pemasaran, konsep pertukaran
mempunyai beberapa syarat yang harus dipenuhi. Sedikitnya ada dua pihak dan
masing-masing pihak harus mempunyai sesuatu yang bernilai bagi pihak lainnya.
Masing-masing pihak harus mau melakukan pertukaran dengan pihak lainnya,
masing-masing pihak harus bebas menerima atau menolak tawaran pihak lainnya,
dan masing-masing pihak harus mampu berkomunikasi.
6. Transaksi,
adalah perdagangan nilai antara dua pihak. Transaksi melibatkan sedikitnya dua
barang yang bernilai, syarat-syarat disepakati, waktu kesepakatan, dan tempat
kesepakatan.
7. Pasar,
merupakan himpunan para pedagang yang memiliki barang untuk dijual dan para
pembeli yang memerlukan barang. Yang menjadi dasar adalah pertukaran terpusat
dimana muncul pihak baru yang disebut pedagang dan berlokasi di sebuah daerah
yang disebut pasar.
Dari pengertian-pengertian
di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa pemasaran merupakan kegiatan perusahaan
dalam rangka memenuhi kebutuhan dan selera masyarakat sebagai konsumennya serta
menyampaikan barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan kepada masyarakat.
Post a Comment