Disain dan Display Toko
Disain dan Display toko eceran
merupakan material yang ada di sekitar toko eceran yang disediakan pedagang
eceran untuk memudahkan konsumen melakukan pembelian.
Menurut Levy dan Weitz (2007:499)
mengemukakan bahwa :
“Pengenalan dari dampak yang besar
terhadap lingkungan toko dan perilaku berbelanja, penjual eceran harus
mempertimbangkan sumber daya dari disain dan display toko”.
Menurut Davidson, Sweeny dan Stamft
(1988:150) fasilitas fisik atau toko eceran meliputi :
“Lokasi dan fasilitas toko yang dimiliki pedagang
eceran. Berbagai fasilitas fisik yang perlu dipertimbangkan oleh pengecer
diantaranya disain toko yang merupakan bagian interior dan eksterior toko
termasuk juga kebersihan toko, tata letak barang yaitu penataan barang dagangan
dalam toko, dan jarak antar toko yang mempengaruhi keleluasaan konsumen untuk
berbelanja, juga tersedianya lapang parkir yang luas”.
Pendapat tersebut mengungkapkan bahwa
pilihan lokasi dan fasilitas pengecer merupakan faktor bersaing yang penting
dalam usaha menarik pelanggan. Menurut Kotler (2000:529) mengemukakan bahwa :
“Setiap toko mempunyai tata-letak fisik yang
membuat konsumen sukar atau mudah bergerak keliling. Setiap toko memilki suatu
‘citra rasa’; toko yang satu kotor, yang satunya menarik yang ketiga mewah,
yang keempat suram. Toko tersebut harus mewujudkan suasana yang sesuai dengan
pasar target dan mengundang selera pembeli. Sebuah jasa pemakaman seharusnya tenang,
suram, dan damai, sedangkan sebuah diskotik seharusnya cerah, meriah dan
menggairahkan. Suasana tersebut dirancang oleh orang-orang kreatif yang
mengetahui bagaimana memadukan rangsang penglihatan, penciuman, dan peraba
untuk memperoleh efek yang diinginkan
Pendapat tersebut mengungkapkan disain dan
display dalam suatu toko eceran akan
mempengaruhi pendapat konsumen tentang suatu toko secara keseluruhan misalnya
interior toko yang menarik akan membuat konsumen merasa nyaman dan menarik
kesimpulan bahwa toko tersebut merupakan toko yang nyaman.
Post a Comment