Pengaruh Human Relations terhadap Semangat Kerja Pegawai




                                                                                     Setiap organisasi hendaknya selalu memberikan perhatian terhadap pegawainya, karena pegawai merupakan sumber daya yang sangat penting, dan tidak dapat tergantikan oleh apapun, walaupun oleh mesin-mesin canggih sekalipun. Begitu juga sebaliknya pegawai harus bisa melaksanakan tugas mereka dengan sebaik-baiknya, sehingga kepentingan organisasi dan kepentingan pegawai itu sendiri dapat berjalan dengan selaras.
            Pimpinan yang berhasil adalah pimpinan yang dapat mengarahkan dan membimbing bawahannya serta mempertahankan suasana kerja yang produktif bagi bawahannya. Jika seorang pemimpin ingin bawahannya bertindak sesuai apa yang diinginkannya, maka pimpinan perlu mengetahui sifat dan perilaku bawahannya, melalui komunikasi. Suatu teknik komunikasi tersebut dikenal dengan human relations.
Seperti menurut Onong Uchjana (1993:50):
            Human relations dalam arti sempit adalah komunikasi persuasif yang dilakukan seseorang kepada orang lain secara tatap muka dalam situasi kerja (work situation) dan dalam organisasi kekaryaan (work organization) dengan tujuan untuk menggugah kegairahan dan kegiatan bekerja dengan semangat kerjasama yang produktif dengan perasaan bahagia dan puas hati.

            Dari pendapat di atas jelas bahwa dengan adanya human relations, maka akan meningkatkan kegairahan/semangat kerja pegawai. Dengan komunikasi kedua belah pihak dapat mengetahui tujuan dan keinginan masing-masing. Hal tersebut akan memudahkan dalam menyelaraskan dengan tujuan organisasi tempatnya bekerja, selain itu pimpinan organisasi akan mengerti kepentingan pegawainya yang akan menyebabkan meningkatnya semangat kerja pegawai.
            Apabila semangat kerja pegawai meningkat, maka akan berdampak positif terhadap organisasi, karena semangat kerja merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan. Dengan demikian pimpinan dituntut untuk dapat melaksanakan human relations dengan sebaik-baiknya, sehingga pimpinan akan lebih mudah mengetahui kebutuhan-kebutuhan pegawainya dan memudahkan pemberian motivasi kepada karyawan sesuai dengan sifat dan karakter masing-masing.
            Pimpinan yang menghargai setiap pegawainya akan mendapatkan simpati yang lebih, pegawai akan merasa lebih hormat, dan akan tumbuh loyalitas terhadap organisasinya.
            Dari uraian-uraian di atas, jelaslah bahwa human relations apabila dijalankan dengan baik akan menciptakan keharmonisan antara atasan dan bawahan, hak dan kewajiban kedua belah pihak dapat terpenuhi, suasana kerja akan terasa menyenangkan, dan pegawai akan merasa memiliki tanggungjawab untuk memajukan organisasi.


No comments

Powered by Blogger.