Dimensi Penilaian Prestasi Kerja
Gary Dessler (2004:191) memberikan dimensi/sub variabel dari prestasi
kerja sebagai berikut :
1.
Quality
(kualitas)
Kualitas
kerja mencakup ketepatan dan kesempurnaan dari pekerjaan yang dilakukan.
2.
Productivity
(produktivitas)
Produktivitas
yang dimaksud mencakup kuantitas dan efisiensi pegawai dari pekerjaan yang
dihasilkan dalam suatu periode waktu tertentu.
3.
Job knowledge (pengetahuan
pekerjaan)
Pengetahuan pekerjaan mencakup keahlian
praktis ataupun teknis dan informasi yang dipakai dalam pekerjaan.
4.
Reliability
(kepercayaan)
Kepercayaan
yang dimaksud adalah tingkat kepercayaan yang diberikan atasan kepada pegawai
dalam menyelesaikan pekerjaan.
5.
Availability
(kesediaan)
Kesediaan
mencakup ketepatan waktu, mengerjakan pekerjaan yang diperintahkan, serta
kehadiran pegawai.
6.
Independence
(kemandirian)
Kemandirian adalah kemampuan pegawai
melakukan pekerjaan dengan pengawasan yang tidak ketat ataupun dengan tanpa
pengawasan sama sekali.
Post a Comment