Controller



 Controller
Istilah “Controller” berasal dari kata “Comptroller” (bahasa Perancis). “Compte” berarti “Account” dalam bahasa Inggris. Jadi, pada awalnya Controller dianggap hanya dianggap sebagai Kepala Bagian Akuntansi yang mengawasi dan menyelenggarakan catatan-catatan keuangan formal perusahaan. Controller hanya dianggap sebagai eksekutif yang melibatkan diri dengan akuntansi dan statistik saja. Akan tetapi, dengan bertambah besar dan rumitnya organisasi industri maka makin luas pula tugas Controller.
Dewasa ini, Controller tidak lagi membatasi peranannya hanya dalam fungsi pencatatan dalam akuntansi kegiatan perusahaan, namun juga memperluas fungsi akuntansi kepada aplikasi manajemennya sehingga mencakup seluruh aspek kegiatan perusahaan. Untuk pemenuhan fungsi Controller maka diperlukan kemampuan untuk menerapkan data finansial terhadap kegiatan perusahaan di masa mendatang. Hal ini merupakan suatu konsep yang memandang ke depan, yaitu suatu cara pendekatan analisis yang terarah menuju keseimbangan bagi sistem pengendalian manajemen.
Sebutan Controller yang paling umum dan representatif ditujukan untuk Kepala Bagian Akuntansi. Tidak jarang tugas-tugas Controller dipikul oleh seorang yang disebut Kepala Akuntan, Manajer Kantor, Bendaharawan, Sekertaris atau yang lainnya.

No comments

Powered by Blogger.