Pengertian Biaya Pemasaran
Pengertian Biaya Pemasaran
Secara umum dapat dikatakan
bahwa biaya yang dikorbankan oleh perusahaan untuk membiayai kegiatan
pemasarannya disebut biaya pemasaran.
Mulyadi
(1992,221) memberikan pengertian biaya pemasaran dalam dua arti, yaitu :
“1. Dalam arti
sempit, biaya pemasaran seringkali dibatasi artinya sebagai biaya penjualan
yaitu biaya-biaya yang dikeluarkan untuk menjual dan membawa produk ke pasar.
2.
Dalam arti luas, biaya pemasaran meliputi semua biaya
yang terjadi sejak saat produk selesai diproduksi dan disimpan dalam gudang
sampai produk tersebut diubah kembali dalam bentuk uang tunai.”
Wilson
dan Campbell (1996,292) yang dialihbahasakan oleh Tjintjin Fenix Tjendera,
mengemukakan bahwa biaya pemasaran sama dengan biaya distribusi, sebagaimana
dinyatakan berikut ini :
“Biaya
distribusi dapat didefinisikan sebagai biaya yang berhubungan dengan semua
kegiatan, mulai dari saat barang-barang yang telah dibeli atau diproduksi
sampai barang-barang tersebut tiba di tempat pelanggan”.
Definisi ini hampir sama
dengan definisi dalam arti sempit yang dikemukakan oleh Mulyadi. Penulis
cenderung memberikan pengertian biaya pemasaran seperti definisi dalam arti
luas yang dikemukakan oleh Mulyadi, yaitu semua biaya yang dikeluarkan oleh
perusahaan dalam usaha menjual produknya setelah produk siap untuk dijual
termasuk usaha-usaha untuk mendapatkan pasar bagi produknya sampai pada
penerimaan hasil penjualan tersebut.
Post a Comment