Manfaat Penilaian Pegawai



 Manfaat Penilaian Pegawai
Wursanto (1991:88) mengemukakan bahwa penilaian pegawai perlu dilakukan karena penilaian pegawai mempunyai manfaat ganda, yaitu bagi pegawai dan bagi perusahan
Manfaat penilaian pegawai bagi pegawai antara lain :
1.      Penilaian pegawai menciptakan iklim kehidupan perusahaan, yang dapat menjamin kepastian hukum bagi pegawai.
2.      Penilaian pegawai memberikan dorongan kepada pegawai untuk lebih giat dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya.
3.      Penilaian pegawai melatih pegawai untuk selalu berdisiplin dalam segala hal, baik ketika pimpinan hadir maupun tidak hadir.
 Manfaat penilaian pegawai bagi perusahaan :
1.      Dalam mengetahui kelemahan-kelemahan yang dialami setiap pegawai sehingga pembinaan dapat lebih dikembangkan dan diperhatikan.
2.      Hasil penilaian dapat digunakan sebagai dasar untuk menempatkan pegawai sesuai dengan bidang tugasnya.
3.      Penilaian pegawai memudahkan dalam menentukan apakah suatu latihan dibutuhkan untuk mengembangkan keterampilan pegawai

2.2              Pengertian Efektivitas Kerja
Kondisi yang kompetitif dewasa ini mengakibatkan masalah efektivitas menjadi hal yang penting. Dearden dan Bedford (1987:152) mengemukakan definisi efektivitas sebagai berikut :
Efektivitas adalah hubungan antara keluaran suatu pusat pertanggungjawaban dengan sasaran yang harus dicapainya. Semakin besar kontribusi keluaran yang dihasilkan terhadap nilai pencapaian sasaran tersebut, maka dapat dikatakan semakin efektif pula unit tersebut
Definisi di atas mengambarkan bahwa efektivitas lebih ditekankan kepada pencapaian sasaran dari pelaksanaan program atau fungsi yang telah direncanakan.
Efisiensi merupakan ukuran produktivitas, suatu perbandingan antara hasil dan keluaran, masukan, atau output dibagi input. Masukan sering dibatasi dengan masukan tenaga kerja, sedangkan keluaran diukur dalam kesatuan fisik bentuk nilai.
Kemudian untuk memperjelas pengertian dari Efektivitas kerja, peneliti mengemukakan pendapat dari Ya’cub  (1994:39) yang mengemukakan sebagai berikut :
Efektivitas kerja adalah suatu keadaan yang menunjukkan tingkat keberhasilan manajemen dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu, tujuan manajemen yang efektif tidak selamanya disertai dengan efisiensi yang maksimum, dengan perkataan lain manajemen efektif tidak selalu disertai manajemen yang yang efisien. Tercapainya tujuan mungkin dapat dilakukan dengan penghamburan, karena itu keberhasilan manajemen perlu diukur tingkat efektivitas.

No comments

Powered by Blogger.