Manajemen
Pengertian Prestasi Kerja
Kelangsungan hidup suatu perusahaan
sangat tergantung pada prestasi kerja pegawai dalam melaksanakan pekerjaan
karena itu pegawai merupakan unsur perusahaan terpenting yang harus mendapat
perhatian. Pencapaian tujuan perusahaan menjadi kurang efektif apabila banyak
pegawainya yang tidak berprestasi dengan baik, pegawai akan mendapatkan feed
back yang menguntungkan bagi dirinya.
Terdapat beberapa definisi tentang
prestasi kerja yang dikemukakan oleh beberapa pakar, namun dari beberapa
pendapat tersebut sebenarnya memiliki pengertian dasar yang sama, sebagai
berikut :
Pengertian prestasi menurut
Schermerhorn, Jr.(1993:338) adalah : “Is the quantity and the quality of tasks
accomplised by an individual or group at work”.
Menurut Levinson di dalam buku
Marwansyah dan Mukaram (1999:103) “Prestasi kerja/ unjuk kerja adalah :
Pencapaian /prestasi seseorang berkenaan dengan tugas yang dibebankan
kepadanya”.
Dari dua pernyataan pengertian
diatas penulis menyimpulkan bahwa prestasi kerja lebih ditekankan pada
pencapaian hasil. Sedikit berbeda dari pengertian diatas Byars (1997:285) lebih
menekankan prestasi ini kepada seberapa tinggi tingkat dari pencapaian hasil
dan pemenuhan syarat-syarat dari suatu pekerjaan sebagaimana tertulis: “Performance
refers to the degree of accomplishment of the tasks that make up an employee’s
job. It reflects how well an employee is fulfilling the requirements of a job.
Sedangkan pekerjaan / kerja itu
sendiri menurut Schermerhorn Jr. (1993:391) diartikan : “A job is a
collection of task performed in support of organizational objectives”.
Dengan
demikian jelas bahwa prestasi kerja itu adalah pencapaian tingkat kualitas dan
jumlah tugas-tugas oleh seorang pegawai yang tercermin dalam pemenuhan
standar/syarat-syarat suatu kerja untuk mendukung tercapainya tujuan-tujuan
perusahaan
collection of task performed in support of organizational objectives”.
Post a Comment