Pemasaran
Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran
dapat digunakan sebagai alat atau salah satu strategi untuk meningkatkan
kualitas dan kuantitas perusahaan serta dapat meningkatkan kesediaan konsumen
untuk mengkonsumsi barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.
Menurut Stanton
(1978) definisi konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan
pemasar kebutuhan konumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan
hidup bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial
bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Sedangkan Kotler
(2001:22) mengatakan bahwa konsep pemasaran adalah kunci untuk mencapai tujuan
organisasional yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut harus menjadi lebih
efektif dibandingkan para pesaing dalam menciptakan, menyerahkan, dan
mengkomunikasikan nilai kepada pasar sasaran yang terpilih.
mengkomunikasikan nilai kepada pasar sasaran yang terpilih.
Masih menurut
Kotler konsep pemasaran bersandar pada 4 pilar yaitu: Pasar sasaran, Kebutuhan
pelanggan, Pemasaran terpadu, dan profitabilitas.
Dalam buku
Pengantar Bisnis Modern yang ditulis oleh DR.Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo
konsep pemasaran merupakan falsafah perusahaan yang menyatakan bahwa keinginan
pembeli adalah syarat utama bagi kelangsungan hidup perusahaan. Jadi konsep
pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan
konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup
perusahaan. Konsep pemasaran ini banyak dianut oleh perusahaan modern yang
ingin mencapai laba jangka panjang dengan berorientasi kepada konsumen atau
pasar.
Post a Comment