Pengertian Perilaku Konsumen



               Perubahan pola hidup dan gaya hidup seseorang selalu terjadi, hal ini mempengaruhi perilaku seseorang dalam menyikapi perubahan tersebut dengan melakukan sesuatu hal. Maka perilaku konsumen dapat didefinisikan sebagai berikut:
Bidang ilmu perilaku konsumen mempelajari bagaimana individu, kelompok, dan organisasi memiih, membeli,memakai serta memanfaatkan barang, jasa, gagasan atau pengalaman dalam rangka memuskan kebutuhan dan hasrat mereka. (Kotler, 2000;192).

Sedangkan menurut Engel et al (1994,3) perilaku konsumen adalah: tindakan yang langsung terlibat untuk mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini.
Maka, dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen merupakan perilaku yang menyangkut suatu proses keputusan sebelum pembelian serta tindakan dalam memperoleh, memakai, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk, perilaku konsumen juga menyoroti perilaku individu dan rumah tangga. Selain itu perilaku konsumen meliputi perilaku yang dapat diamati seperti jumlah yang dubeanjakan, kapan, dengan siapa, oleh siapa, dan bagaimana barang yang sudah dibeli dikonsumsi, juga termasuk variabel-variabel yang tidak dapat diamati seperti nilai-nilai yang dimiliki konsumen, kebutuhan pribadi, persepsi, bagaimana mereka mengevaluasi alternative, dan apa yang mereka rasakan tentang kepemilikan dan penggunaan produk ysng bermacam-macam.

No comments

Powered by Blogger.