Manajemen
Pengertian Perilaku Konsumen
Perubahan pola
hidup dan gaya hidup seseorang selalu terjadi, hal ini mempengaruhi perilaku
seseorang dalam menyikapi perubahan tersebut dengan melakukan sesuatu hal. Maka
perilaku konsumen dapat didefinisikan sebagai berikut:
Bidang ilmu perilaku konsumen
mempelajari bagaimana individu, kelompok, dan organisasi memiih,
membeli,memakai serta memanfaatkan barang, jasa, gagasan atau pengalaman dalam
rangka memuskan kebutuhan dan hasrat mereka. (Kotler, 2000;192).
Sedangkan menurut Engel et al (1994,3)
perilaku konsumen adalah: tindakan yang langsung terlibat untuk mendapatkan,
mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang
mendahului dan mengikuti tindakan ini.
Maka, dari
pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen merupakan perilaku
yang menyangkut suatu proses keputusan sebelum pembelian serta tindakan dalam
memperoleh, memakai, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk, perilaku konsumen
juga menyoroti perilaku individu dan rumah tangga. Selain itu perilaku konsumen
meliputi perilaku yang dapat diamati seperti jumlah yang dubeanjakan, kapan,
dengan siapa, oleh siapa, dan bagaimana barang yang sudah dibeli dikonsumsi,
juga termasuk variabel-variabel yang tidak dapat diamati seperti nilai-nilai
yang dimiliki konsumen, kebutuhan pribadi, persepsi, bagaimana mereka
mengevaluasi alternative, dan apa yang mereka rasakan tentang kepemilikan dan
penggunaan produk ysng bermacam-macam.
Post a Comment