pengertian Harga Saham

Harga Saham
Harga saham merupakan penerimaan besarnya pengorbanan yang harus dilakukan oleh setiap investor untuk penyertaan dalam perusahaan. Harga ini di pasar sekunder akan bergerak sesuai dengan kekuatan permintaan dan penawaran yang terjadi atas saham. Tinggi rendahnya harga saham lebih banyak dipengaruhi oleh pertimbangan pembeli dan penjual tentang kondisi internal dan eksternal perusahaan (Payamta, 2000).
Menurut Hanafi dan Husnan (1991) harga suatu saham merupakan nilai sekarang dari arus kas yang akan diterima oleh pemilik saham dikemudian hari. Untuk menaksir harga saham yang wajar dapat dilakukan dengan tepat apabila arus kas yang akan diterima tersebut dapat diestimasikan secara tepat pula. Namun adanya unsur ketidakpastian pada masa yang akan datang menyebabkan tidak ada cara yang paling tepat untuk memberikan hasil estimasi yang paling tepat. Sekarang telah dikembangkan beberapa pendekatan dalam penilaian dan penentuan harga saham, untuk keperluan analisis
saham yang pada dasarnya untuk membantu judgement analysis.
Para peneliti melihat penawaran saham perdana di pasar modal (IPO) sebagai suatu masalah yang menarik, dikarenakan adanya fenomena underpricing. Husnan dan Hanafi (1991) melakukan pengamatan perilaku harga saham di pasar perdana, bahwa telah terjadi fenomena underpricing selama tahun 1990.
Investor dan analisis sekuritas yang memiliki informasi mengenai kondisi perusahaan menghubungkan harga aktual sekuritas dengan nilai intrinsik. Jika harga saham overvalued, maka pada saat perdagangan di bursa, investor akan menjual saham yang dimilikinya atau menghindari pembelian saham tersbut, sebaliknya jika harga saham dinilai undervalued, maka pada saat perdagangan di bursa, investor akan terdorong untuk melakukan pembelian atau menahan bila saham tersebut telah dimiliki. Adanya koreksi pasar mengakibatkan harga saham yang overvalued cenderung turun dan harga saham yang undervalued akan cenderung naik saat diperdagangkan di pasar sekunder. Keduanya akan bergerak mendekati nilai seharusnya dari suatu saham atau biasa disebut nilai intrinsik.


pengertian Harga Saham. pengertian Harga Saham. pengertian Harga Saham

No comments

Powered by Blogger.