Manajemen
Teori Perilaku Konsumen
Terdapat 5 teori perilaku konsumen yaitu
sebagai berikut:
A. Teori Ekonomi
Dalam teori
ekonomi ini para konsumen akan berusaha memaksimalkan kepuasannya selama
kemampuan finansialnya memungkinkan. Konsumen memiliki pengetahuan tentang
alternatif produk yang dapat memuaskan kebutuhan mereka.
B. Teori Psikologis
Banyak para
ahli mengatakan bahwa perilaku seseorang dipengaruhi oleh dorongan psikologis.
Dalam teori ini ada 2 golongan yaitu:
a. Teori Pembelajaran.
Teori ini menyatakan bahwa perilaku seseorang dipengaruhi oleh pengalaman
sebelumnya ataupengalaman yang terjadi selama hidupnya. Misalnya seorang
konsumen tentunya dalam memilih suatu produk akan belajar dari pengalaman
sebelumnya baik itu pengalamannya sendiri atau pengalaman dari pihak lain.
Apabila suatu produk atau toko mengecewakan maka konsumen akan berpikir lagi
untuk memilih produk atau toko tersebut.
b.
Teori Motivasi
Ada 2 teori
mengenai motivasi yaitu teori Freud dan teori Maslow. Freud menyatakan bahwa
seseorang tidak dapat memahami motivasi yang mendorong perilakunya secara
pasti. Dan sebaliknya, Maslow mengatakan bahwa motivasi seseorang dapat
dihubungkan dengan kebutuhannya.
Teori ini menyatakan bahwa perilaku konsumen dipengaruhi oleh lingkungan
sosialnya dimana orang tersebut menjadi anggota didalamnya. Seperti: keluarga, teman-teman,
kampus, perkumpulan organisasi dll. Dalam teori ini seseorang berusaha
menyelaraskan perilakunya dengan apa yang dianggap pantas oleh lingkungannya
tersebut. Oleh karena itu seseorang akan membeli produk apabila produk tersebut
diterima oleh kelompoknya.
D.
Teori Anthropologis.
Teori ini hampir sama dengan teori sosial, kedua teori ini sama sama
memandang bahwa perilaku konsumen dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya tetapi
dalam teori anthropologis lingkungan sosialya lebih luas termasuk dalam
kelompok besar yaitu kebudayaan, subkultur dan kelas sosial
Post a Comment