Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen




Dalam perilaku konsumen keputusan pembelian dari pembeli sangat dipengaruhi oleh faktor kebudayaan, sosial, dan psikoogi dari pembeli faktor faktor tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
A. Faktor Kebudayaan
Faktor ini mempunyai pengaruh yang sangat besar dan paling dasar terhadap perilaku konsumen. Dalam hal ini pemasar harus dapat memahami peran-peran budaya, sub budaya, dan kelas sosial pembeli. Yang dapat dijelaskan seperti berikut:
a. Budaya
Merupakan faktor penentu paling pokok dari keinginan dan perilaku konsumen. Apabila mahluk selain manusia bergerak atau melakukan sesuatu berdasarkan naluri maka perilaku pada manusia umumnya harus dipelajari. Sehingga nilai, persepsi, preferensi, dan perilaku antara seseorang yang tinggal pada daerah tertentu akan berbeda dengan orang ain yang bertempat tinggal di daerah lain.
b. Sub Budaya,
Setiap budaya memiliki sub budaya yang lebih kecil yang memberikan identifikasi dan sosialisasi yang lebih spesifik untuk para anggotanya. Sub budaya ini dapat dibagi menjadi empat jenis yaitu: kelompok nasionalisme, kelompok keagamaan, kelompok ras, dan area geografis.
c. Kelas Sosial,
 Merupakan susunan yang sudah relatif permanen atau kelompok-kelompok yang relatif homogen dan bertahan lama dalam suatu masyarakat, dan anggotanya mempunyai nilai, minat, dan perilaku yang sama. Kelas sosial tidak ditentukan oleh faktor tunggal seperti pendapatan tetapi diukur sebagai kobinasi pekerjaan, pendapatan, pendidikan, kekayaan, dan variabel lainya. Kelas sosial memperlihatkan preferensi produk dan merek yang berbeda.

B. Faktor Sosial.
Faktor ini merupakan faktor yang berasal dari pengaruh kelompok kecil, keluarga, peran dan status sosial dari konsumen faktor-faktor ini sangat mempengaruhi tanggapan konsumen, oleh karena itu pemasar harus benar-benar memperhitungkannya untuk menyusun strategi pemasaran.
C. Faktor Pribadi.
Faktor ini meliputi karakteristik pribadi seperti:
§  Umur dan tahap daur hidup pembeli,
Konsumsi seseorang juga sangat dipegaruhi oehe siklus hidup atau daur hidup seseorang. Orang selalu mempunyai keinginan atau kebutuhan yang berbeda sesuai dengan pertambahan usia mereka.
§  Jabatan,
Pemasar berusaha mengidentifikasikan kelompok-kelompok pekerja yang memiliki minat di atas rata-rata terhadap produk dan jasa tertentu.
§  Keadaan ekonomi,
Yang dimaksud dengan keadaan ekonomi seseorang adalah terdiri dari pendapatan yang dapat dibelanjakan (tingkatnya, stabilitasnya, dan polanya)
§   Gaya hidup,
Setiap orang mempunyai gaya hidup yang berbeda. Gaya hidup seseorang dapat diekspresikan dalam kegiatan, minat dan pendapat seseorang. Konsep gaya hidup ini apabila dikelola dengan baik oleh pemasar secara cermat dapat membantu untuk memahami nilai-nilai konsumen yang teru berubah dan bagaimana nilai-nilai tersebut mempengaruhi perilaku konsumen
§  Kepribadian dan konsep diri pembeli yang bersangkutan.
Kepribadian dan konsep diri seseorang yang khas dapat mempengaruhi perilaku pembelian seseorang.
D. Faktor Psikologis
Kebutuhan yang bersifat psikologis adalah kebutuhan yang timbul dari keadaan fisiologis tertentu seperti: kebutuhan untuk diakui, harga diri, atau kebutuhan untuk diterima oleh lingkungannya. Keputusan pembelian seseorang juga
dipengaruhi oleh faktor psikologis yaitu:
§  Motivasi,
Para ahli telah mengembangkan teori tentang motivasi, ada beberapa teori motivasi 2 diantaranya adalah:
a)      Teori motivasi Freud
Teori ini beranggapan bahwa kebanyakan orang tidak menyadari kekuatan psikologis nyata yang membentuk perilaku mereka. Ia melihat seseorang sebagai yang tumbuh makin dewasa dan menekan banyak dorongan. Dorongan ini bisa hilang atau berada di bawah kendali sempurna.
b)      Teori motivasi Maslow
Abraham Maslow mencoba menjelaskan mengapa seseorang didorong oleh kebutuhan tertentu pada waktu tertentu.
§  Persepsi,
           Persepsi didefinisikan sebagai proses dimana seseorang memilih, mengorganisasikan, mengartikan masukan informasi untuk menciptakan suatu gabaran yang berati dari dunia ini. Ada tiga proses presepsi:
a)      Perhatian yang selektif
b)      Gangguan yang selektif
c)      Mengingat kembali yang selektif.
§  Proses belajar,
           Proses belajar menjelaskan perubahan dalam perilaku seseorang yang timbul dari pengalaman dan kebanyakan perilaku manusia adalah hasil proses belajar
§   Kepercayaan, dan sikap,
           Kepercayaan dapat didefinisikan sebagai suatu gagasan deskriptif yang dimiliki seseorang terhadap sesuatu. Sedangkan sikap adalah: organisasi dai motivasi, perasaan emosional, persepsi, dan proses kognitif kepada suatu aspek.

No comments

Powered by Blogger.