Manajemen
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
Dalam
perilaku konsumen keputusan pembelian dari pembeli sangat dipengaruhi oleh
faktor kebudayaan, sosial, dan psikoogi dari pembeli faktor faktor tersebut
dapat dijelaskan sebagai berikut:
A.
Faktor Kebudayaan
Faktor ini mempunyai pengaruh yang sangat besar dan paling dasar terhadap
perilaku konsumen. Dalam hal ini pemasar harus dapat memahami peran-peran
budaya, sub budaya, dan kelas sosial pembeli. Yang dapat dijelaskan seperti
berikut:
a. Budaya
Merupakan faktor penentu paling pokok dari keinginan dan perilaku konsumen.
Apabila mahluk selain manusia bergerak atau melakukan sesuatu berdasarkan
naluri maka perilaku pada manusia umumnya harus dipelajari. Sehingga nilai,
persepsi, preferensi, dan perilaku antara seseorang yang tinggal pada daerah
tertentu akan berbeda dengan orang ain yang bertempat tinggal di daerah lain.
b. Sub Budaya,
Setiap budaya memiliki sub budaya yang lebih kecil yang memberikan
identifikasi dan sosialisasi yang lebih spesifik untuk para anggotanya. Sub
budaya ini dapat dibagi menjadi empat jenis yaitu: kelompok nasionalisme,
kelompok keagamaan, kelompok ras, dan area geografis.
c. Kelas Sosial,
Merupakan susunan yang sudah relatif
permanen atau kelompok-kelompok yang relatif homogen dan bertahan lama dalam
suatu masyarakat, dan anggotanya mempunyai nilai, minat, dan perilaku yang
sama. Kelas sosial tidak ditentukan oleh faktor tunggal seperti pendapatan
tetapi diukur sebagai kobinasi pekerjaan, pendapatan, pendidikan, kekayaan, dan
variabel lainya. Kelas sosial memperlihatkan preferensi produk dan merek yang
berbeda.
B. Faktor Sosial.
Faktor ini merupakan faktor yang berasal dari pengaruh kelompok kecil,
keluarga, peran dan status sosial dari konsumen faktor-faktor ini sangat
mempengaruhi tanggapan konsumen, oleh karena itu pemasar harus benar-benar
memperhitungkannya untuk menyusun strategi pemasaran.
C. Faktor
Pribadi.
Faktor ini meliputi karakteristik pribadi seperti:
§ Umur dan tahap daur hidup pembeli,
Konsumsi seseorang juga sangat dipegaruhi oehe siklus hidup atau daur hidup
seseorang. Orang selalu mempunyai keinginan atau kebutuhan yang berbeda sesuai
dengan pertambahan usia mereka.
§ Jabatan,
Pemasar berusaha mengidentifikasikan kelompok-kelompok pekerja yang
memiliki minat di atas rata-rata terhadap produk dan jasa tertentu.
§ Keadaan ekonomi,
Yang dimaksud dengan keadaan ekonomi seseorang adalah terdiri dari
pendapatan yang dapat dibelanjakan (tingkatnya, stabilitasnya, dan polanya)
§ Gaya
hidup,
Setiap orang mempunyai gaya hidup yang berbeda. Gaya hidup seseorang dapat
diekspresikan dalam kegiatan, minat dan pendapat seseorang. Konsep gaya hidup
ini apabila dikelola dengan baik oleh pemasar secara cermat dapat membantu
untuk memahami nilai-nilai konsumen yang teru berubah dan bagaimana nilai-nilai
tersebut mempengaruhi perilaku konsumen
§ Kepribadian dan konsep diri pembeli yang
bersangkutan.
Kepribadian dan konsep diri seseorang yang khas dapat mempengaruhi perilaku
pembelian seseorang.
D.
Faktor Psikologis
Kebutuhan yang bersifat psikologis adalah kebutuhan yang timbul dari
keadaan fisiologis tertentu seperti: kebutuhan untuk diakui, harga diri, atau
kebutuhan untuk diterima oleh lingkungannya. Keputusan pembelian seseorang juga
dipengaruhi oleh faktor psikologis yaitu:
dipengaruhi oleh faktor psikologis yaitu:
§ Motivasi,
Para ahli telah mengembangkan teori tentang motivasi, ada beberapa teori
motivasi 2 diantaranya adalah:
a) Teori motivasi Freud
Teori ini
beranggapan bahwa kebanyakan orang tidak menyadari kekuatan psikologis nyata
yang membentuk perilaku mereka. Ia melihat seseorang sebagai yang tumbuh makin
dewasa dan menekan banyak dorongan. Dorongan ini bisa hilang atau berada di
bawah kendali sempurna.
b) Teori motivasi Maslow
Abraham Maslow
mencoba menjelaskan mengapa seseorang didorong oleh kebutuhan tertentu pada
waktu tertentu.
§ Persepsi,
Persepsi didefinisikan sebagai proses
dimana seseorang memilih, mengorganisasikan, mengartikan masukan informasi
untuk menciptakan suatu gabaran yang berati dari dunia ini. Ada tiga proses
presepsi:
a) Perhatian yang selektif
b) Gangguan yang selektif
c) Mengingat kembali yang selektif.
§ Proses belajar,
Proses belajar menjelaskan perubahan
dalam perilaku seseorang yang timbul dari pengalaman dan kebanyakan perilaku
manusia adalah hasil proses belajar
§ Kepercayaan,
dan sikap,
Kepercayaan dapat didefinisikan
sebagai suatu gagasan deskriptif yang dimiliki seseorang terhadap sesuatu.
Sedangkan sikap adalah: organisasi dai motivasi, perasaan emosional, persepsi,
dan proses kognitif kepada suatu aspek.
Post a Comment