Manajemen
Proses Pengambilan Keputusan
Suatu proses
keputusan membeli bukan sekedar mengetahui berbagai faktor yang akan
mempengaruhi pembeli, tetapi berdasarkan peranan dalam pembelian dan keputusan
untuk membeli (Simamora, 2002;15). Ada lima peranan yang terjadi dalam keputusan
pembelian yaitu:
1. Pemrakarsa (initiator). Orang yang pertama
kali menyarankan membeli suatu produk atau jasa tertentu.
2. Pemberi pengaruh (influencer). Orang yang
pandangan atau nasihatnya memberi bobot dalam pengambilan keputusan akhir.
3. Pengambil keputusan (decider). Orang yang
sangat menentukan sebagian atau keseluruhn keputusn pembelian, apakah membeli,
apa yang diberi, kapan hendak membeli, dengan bagaima cara membeli, dan dimana
akan membeli.
4. Pembeli (Buyer). Adalah Orang yang
melakukan pembelian nyata
5. Pemakai (user). Adalah orang yang
mengkonsumsii atau menggunakan produk atau jasa.
Post a Comment