pengertian Pemasaran Jasa



Perkembangan pemasaran di sektor jasa saat ini semakin berkembang pesat. Seiring dengan kebutuhan masyarakat yang kian bertambah dan kesibukan masyarakat yang semakin banyak, membuat sektor layanan di bidang jasa semakin berkembang.
Jasa adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, pada dasarnya bersifat intangible (tidak berwujud) dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun. Produksi jasa mungkin berkaitan  dengan produk fisik atau tidak. (Kotler, 1994
dalam Lupiyoadi,2001:6).
Sedangkan menurut Zethaml dan Bitner (1996) jasa adalah: semua aktifitas ekonomi yang hasilnya tidak merupakan produk dalam bentuk fisik atau kontruksi, yang biasanya dikonsumsi pada saat yang sama dengan waktu yang dihasilkan dan memberikan nilai tambah (seperti: kenyamanan, hiburan kesenangan, atau kesehatan).
Dari definisi-definisi diatas maka dapat dikatakan bahwa di dalam jasa selalu ada interaksi antara pihak konsumen dengan pihak pemberi jasa, agar kepuasan konsumen dapat terpenuhi dan pada akhirnya dapat menciptakan kesejahteraan konsumen,
dengan begitu perusahaan akan dapat keuntungan dalam jangka panjang.
Jasa merupakan suatu produk yang tidak terlihat, mudah hilang serta pelanggan lebih dapat berpartisipasi aktif dalam proses mengkonsumsi jasa tersebut. Kondisi dan cepat lambatnya pertumbuhan jasa sangat tergantung pada penilaian pelanggan terhadap kinerja yang ditawarkan oleh produsen.

No comments

Powered by Blogger.