Tahap-Tahap Pengambilan Keputusan




Dalam proses keputusan pembelian atau pemilihan suatu produk diperlukan suatu tahapan-tahapan tertentu yang harus dilalui yaitu: Pengenalan kebutuhan atau pengenalan masalah, Pencarian informasi, Evaluasi alternatif. Keputusan Pembelian, Perilaku Purna pembelian. Tugas pemasar adalah memahami perilaku pembeli pada tiap tiap tahap dan pengaruh apa yang bekerja dalam tahap-tahap tersebut (Nugroho, 2003;16). Dan kemudian konsumen atau pembeli yang akan memilih apakah mereka puas dengan yang ditawarkan oleh perusahaan kemudian menjadi loyal atau melakukan pembelian ulang ataupun sebaliknya.
Tahap tahap dalam pengambilan keputusan dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.      Pengenalan Kebutuhan atau Pengenalan Masalah
Proses ini dimulai ketika konsumen merasa menyadari tentang kebutuhannya konsumen menyadari adanya perbedaan antara kenyataan dengan keinginannya. Kebutuhan ini disebabkan karena adanya rangsangan internal dan rangsangan eksternal. Sehingga dari suatu pengalaman yang didapat oleh konsumen mengenai kebutuhannya mendorong dan memotivasi konsumen untuk memilih produk yang diinginkannya untuk memuaskan dorongan tersebut.


2.      Pencarian Informasi
Konsumen yang telah terdorong oleh kebutuhannya akan cenderung untuk mencari informasi lebih banyak dari hal yang dibutuhkannya tersebut. Pencarian informasi ini terdiri dari 2 jenis menurut tingkatnya. Yang pertama adalah perhatian yang meningkat, yang ditandai dengan pencarian informasi yang sedang-sedang saja dan yang kedua adalah pencarian informasi secara aktif yang dilakukan dengan mencari informasi informasi dari segala sumber (Simamora, 2002;16).Secara umum konsumen menerima informasi terbanyak dari suatu produk dari sumber-sumber komersial yang berasal dari pemasar sedangkan di sisi lain informasi yang paling efektif justru ditimbulkan oleh sumber-sumber pribadi seperti Keluarga, teman, tetangga, dan kenalan.
3.      Evaluasi Alternatif
Dalam tahap evaluasi ini konsumen mencoba memproses informasi tentang pilihan merk untuk membuat keputusan terakhir. Tahap tahap ini diantaranya adalah:
Pertama, konsumen akan mencari manfaat dari sebuah produk atau layanan. kemudian
Tahap kedua, konsumen akan melihat pada atrbutnya dan konsumen tersebut akan memberi bobot penilaian pada produk tersebut sesuai dengan kepentingannya.
Pada tahap ketiga, konsumen akan mengembangkan sejumlah kepercayaan tentang letak produk pada setiap atribut.
Tahap yang keempat, adalah  kepuasan konsumen terhadap produk akan beragam sesuai dengan perbedaan atributnya.
 Tahapan yang terakhir, adalah: konsumen akan sampai pada sikap terhadap merek yang berbeda melalui prosedur evaluasi.
4.   Keputusan Pembelian
Pada tahap sebelumnya yaitu tahap evaluasi konsumen akan dapat memilih produk atau layanan apa yang akan mereka pilih atau beli. Terdapat 2 faktor yang dapat mempengaruhi tujuan pembelian dan keputusan pembelian yaitu sikap orang lain dan
faktor-faktor keadaan yang tak terduga.
5.   Perilaku Sesudah Pembelian
Sesudah memutuskan untuk membeli atau memilih produk atau layanan biasanya konsumen mengalami tingkat kepuasan atau ketidakpuasan. Apabila konsumen memperoleh kepuasan maka sikap konsumen terhadap merek tersebut akan mejadi lebih kuat atau sebaliknya.

No comments

Powered by Blogger.