Manajemen
Tahap-Tahap Pengambilan Keputusan
Dalam proses
keputusan pembelian atau pemilihan suatu produk diperlukan suatu
tahapan-tahapan tertentu yang harus dilalui yaitu: Pengenalan kebutuhan atau
pengenalan masalah, Pencarian informasi, Evaluasi alternatif. Keputusan
Pembelian, Perilaku Purna pembelian. Tugas pemasar adalah memahami perilaku
pembeli pada tiap tiap tahap dan pengaruh apa yang bekerja dalam tahap-tahap
tersebut (Nugroho, 2003;16). Dan kemudian konsumen atau pembeli yang akan
memilih apakah mereka puas dengan yang ditawarkan oleh perusahaan kemudian
menjadi loyal atau melakukan pembelian ulang ataupun sebaliknya.
Tahap tahap dalam
pengambilan keputusan dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. Pengenalan Kebutuhan atau Pengenalan
Masalah
Proses ini
dimulai ketika konsumen merasa menyadari tentang kebutuhannya konsumen
menyadari adanya perbedaan antara kenyataan dengan keinginannya. Kebutuhan ini
disebabkan karena adanya rangsangan internal dan rangsangan eksternal. Sehingga
dari suatu pengalaman yang didapat oleh konsumen mengenai kebutuhannya
mendorong dan memotivasi konsumen untuk memilih produk yang diinginkannya untuk
memuaskan dorongan tersebut.
2. Pencarian Informasi
Konsumen
yang telah terdorong oleh kebutuhannya akan cenderung untuk mencari informasi
lebih banyak dari hal yang dibutuhkannya tersebut. Pencarian informasi ini
terdiri dari 2 jenis menurut tingkatnya. Yang pertama adalah perhatian yang
meningkat, yang ditandai dengan pencarian informasi yang sedang-sedang saja dan
yang kedua adalah pencarian informasi secara aktif yang dilakukan dengan
mencari informasi informasi dari segala sumber (Simamora, 2002;16).Secara umum
konsumen menerima informasi terbanyak dari suatu produk dari sumber-sumber
komersial yang berasal dari pemasar sedangkan di sisi lain informasi yang
paling efektif justru ditimbulkan oleh sumber-sumber pribadi seperti Keluarga,
teman, tetangga, dan kenalan.
3. Evaluasi Alternatif
Dalam tahap
evaluasi ini konsumen mencoba memproses informasi tentang pilihan merk untuk
membuat keputusan terakhir. Tahap tahap ini diantaranya adalah:
Pertama,
konsumen akan mencari manfaat dari sebuah produk atau layanan. kemudian
Tahap kedua,
konsumen akan melihat pada atrbutnya dan konsumen tersebut akan memberi bobot
penilaian pada produk tersebut sesuai dengan kepentingannya.
Pada tahap
ketiga, konsumen akan mengembangkan sejumlah kepercayaan tentang letak produk
pada setiap atribut.
Tahap yang
keempat, adalah kepuasan konsumen
terhadap produk akan beragam sesuai dengan perbedaan atributnya.
Tahapan yang terakhir, adalah: konsumen akan
sampai pada sikap terhadap merek yang berbeda melalui prosedur evaluasi.
4. Keputusan Pembelian
Pada tahap
sebelumnya yaitu tahap evaluasi konsumen akan dapat memilih produk atau layanan
apa yang akan mereka pilih atau beli. Terdapat 2 faktor yang dapat mempengaruhi
tujuan pembelian dan keputusan pembelian yaitu sikap orang lain dan
faktor-faktor keadaan yang tak terduga.
faktor-faktor keadaan yang tak terduga.
5. Perilaku Sesudah Pembelian
Sesudah
memutuskan untuk membeli atau memilih produk atau layanan biasanya konsumen
mengalami tingkat kepuasan atau ketidakpuasan. Apabila konsumen memperoleh
kepuasan maka sikap konsumen terhadap merek tersebut akan mejadi lebih kuat
atau sebaliknya.
Post a Comment