Pengertian Karier



           

            Suatu karier mencerminkan perkembangan para anggota organisasi secara individu dalam jenjang jabatan atau kepangkatan, yang dapat dicapai selama masa kerja dalam organisasi yang bersangkutan, sehingga dapat dikatakan bahwa suatu karier menunjukkan orang-orang pada masing-masing peranan atau status mereka. Karyawan merupakan salah satu anggota organisasi dalam sebuah perusahaan. Mereka sebagaimana layaknya setiap manusia, pasti menginginkan berbagai keberhasilan dalam hidupnya, salah satunya bentuknya adalah keberhasilan dalam hal kariernya. Karier atau career dalam Bahasa Inggris, pada dasarnya merupakan istilah teknis dalam administrasi personalia.
Menurut T.Hani Handoko (2003;123) menyebutkan karier adalah :
“Semua pekerjaan yang pernah dijalani seseorang sepanjang kehidupan kerjanya”.
Menurut Drs John Soeprihanto,M.I.M (1997;43) menyebutkan karier adalah :
“Menunjukan perkembangan para karyawan secara individu dalam jenjang jabatan atau kepangkatan yang dapat dicapai selama masa kerja dalam organisasi”.

Karier dapat pula diartikan sebagai :
1.    Suatu rangkaian promosi jabatan/mutasi jabatan yang lebih tinggi dalam jenjang hierarki yang dialami seorang tenaga kerja dalam masa dinasnya.
2.    Suatu pekerjaan yang memiliki gambaran/pola pengembangan yang jelas dan sistematis.
3.    Suatu sejarah jabatan dari seseorang.
4.    Suatu rangkaian pekerjaan/posisi yang pernah dipegang oleh seseorang selama masa kerjanya.
Karier dalam suatu perusahaan ditandai dengan adanya :
1.    Kemajuan seseorang dalam suatu lapangan kerja yang diperolehnya selama orang tersebut bekerja.
2.    Kemajuan tersebut memerlukan kemampuan, keahlian, pengalaman, dan tanggung jawab yang tinggi.
Di dalam kemajuan tersebut terdapat unsur-unsur cita dan kepuasan yang menimbulkan ketentraman, kesinambungan, dan arti dalam hidup seseorang.

No comments

Powered by Blogger.