Pengertian Manajemen dan Manajemen Sumber Daya Manusia




            Pada masa sekarang ini, manajemen bukan lagi merupakan istilah yang asing bagi kita. Istilah manajemen telah digunakan sejak dulu, berasal dari Bahasa Inggris “To Manage”, yang berarti memimpin atau mengelola suatu aktivitas sekelompok manusia untuk mencapai sasaran yang sebenarnya sudah ditetapkan secara menyeluruh. Oleh karena itu bila dilihat dari segi perusahaan, sukses atau tidaknya suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya, sangat tergantung kepada pelaksanaan dan pengelolaan manajemen perusahaan tersebut. Dengan adanya manajemen maka tingkat efisiensi dalam semua kegiatan manusia atau organisasi akan lebih meningkat, karena manajemen selalu menginginkan yang lebih baik. Manajemen memandang organisasi sebagai satu kesatuan yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan dalam mencapai tujuan organisasi.
            Menurut G.R.Tery yang dialihbahasakan oleh H. Hadari Nawawi (2000;39)
“Management is the accomplishing of the predetermined, objective through the efforts of other people”.

“Manajemen adalah melakukan pencapaian tujuan (organisasi) yang sudah ditentukan sebelumnya dengan mempergunakan bantuan orang lain”

Drs. Malayu S.P. Hasibuan (2000;1) berpendapat :
“Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu”.

           Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah suatu proses yang sistematis, terkoordinir dan kooperatif dalam usaha-usaha memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber-sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
            Manusia merupakan faktor utama dalam kegiatan perusahaan karena  manusia yang mengelola, mengendalikan, dan mendayagunakan sumber-sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan, oleh karena itu Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Manajemen Sumber Daya Manusia berperan dalam menggali dan mengembangkan potensi yang ada dalam diri manusia. Selain itu Manajemen Sumber Daya Manusia akan membantu mengetahui apa yang menjadi keinginan para karyawan dan apa pula yang menjadi keinginan perusahaan, sehingga pihak karyawan maupun pihak perusahaan akan sama-sama terpenuhi kebutuhan dan keinginannya, yang pada akhirnya akan menimbulkan kepuasan pada masing-masing pihak.
            Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia, berikut beberapa pendapat para ahli tentang definisi Manajemen Sumber Daya Manusia.

Edwin B. Flippo, dialihbahasakan oleh T.Hani Handoko (2003;3) :
“Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian daripada pengadaan, pengembangan, balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pada akhirnya pemberhentian dari sumber daya manusia sehingga tujuan-tujuan individual, organisasi, dan masyarakat dapat tercapai”.

Drs. Malayu S.P. Hasibuan (2000;10), berpendapat :
“Manajemen Sumber Daya Manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien dalam membantu terwujudnya tujuan organisasi, karyawan, dan masyarakat”.

Sedangkan Wendel French, dialihbahasakan oleh T.Hani Handoko (2003;4), berpendapat:
“Manajemen Sumber Daya Manusia adalah penarikan, seleksi, pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan sumber daya manusia oleh organisasi”.

      

No comments

Powered by Blogger.