Pengertian Karir



          Berbicara mengenai program pengembangan karir, maka perlu diketahui konsep-konsep atau pengertian-pengertian karir itu sendiri. Gibson, et.al. (1990:206) menyatakan bahwa yang dimaksud dengan karir ialah:
“Urutan sikap dan perilaku seseorang dikaitkan dengan pengalaman kerja dan aktivitas dalam rentang kehidupan orang itu”.
          Definisi karir yang dikemukakan oleh Gibson tersebut menekankan bahwa sebuah karir terdiri dari sikap dan perilaku dan merupakan urutan berkelanjutan dari aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan. Definisi lain mengenai karir dikemukakan oleh Handoko (1996:123) sebagai berikut:
“Suatu karir adalah seluruh pekerjaan (jabatan) yang ditangani atau dipegang selama kehidupan kerja seseorang”.
          Secara lebih luas, Irawan, et. al. (1997:156-159) mengemukakan hal-hal berkenaan dengan karir sebagai berikut:
1.    Karir adalah perjalanan pekerjaan seorang pegawai di dalam organisasi.
2.    Jalur karir adalah pola urutan pekerjaan (pattern of work sequence) yang harus dilalui pegawai untuk mencapai suatu tujuan karir.
3.    Tujuan karir adalah posisi atau jabatan tertentu yang dapat dicapai oleh seorang pegawai bila yang bersangkutan memnuhi semua syarat dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan jabatan tersebut.
4.    Perencanaan karir adalah perencanaan yang dilakukan baik oleh individu pegawai maupun oleh organisasi berkenaan dengan karir pegawai, terutama mengenai persiapan yang harus dipenuhi seorang pegawai untuk mencapai tujuan karir tertentu.
5.    Pengembangan karir adalah proses mengidentifikasi potensi karir pegawai dan mencari serta menerapkan cara-cara yang tepat untuk mengembangkan potensi tersebut.
6.    Manajemen karir adalah proses pengelolaan karir pegawai yang meliputi tahapan kegiatan perencanaan, pengembangan, konseling karir dan pengambilan keputusan karir.
7.    Konseling karir adalah proses mengidentifikasi masalah-masalah yang berhubungan dengan karir seorang pegawai serta mencari alternatif jalan ke luar dari berbagai masalah tersebut.

No comments

Powered by Blogger.