Pengertian Promosi Jabatan
Pengertian Promosi Jabatan
Manajemen
sumber daya manusia harus berupaya agar karyawan dapat memberikan kontribusi
yang maksimal bagi perusahaan. Salah satu upayanya adalah dengan mendayagunakan
dan mengembangkan karyawan melalui promosi jabatan.
Promosi
merupakan hal yang penting bagi setiap karyawan, bahkan menjadi sesuatu yang
dinanti-nantikan oleh setiap karyawan. Karena dengan adanya promosi ini berarti
adanya kecakapan karyawan bersangkutan untuk menjabat suatu jabatan yang lebih
tinggi. Dengan demikian promosi akan memberikan status sosial, wewenang dan
tanggung jawab, serta penghasilan yang semakin besar bagi karyawan tersebut.
Begitu
besarnya peranan promosi karyawan ini, maka sebaliknya manajer personalia harus
menetapkan program promosi serta menginformasikannya kepada para karyawan.
Pengertian
promosi menurut Manullang
(1982;136):
“Promosi adalah salah satu motivasi
bagi para karyawan untuk menunjukkan prestasinya yang benar”.
Menurut Hasibuan (2001;107) mengatakan bahwa:
“Promosi adalah perpindahan yang memperbesarkan authority dan responsibility karyawan ke jabatan yang lebih tinggi di dalam suatu
organisasi sehingga kewajiban, hak, status dan penghasilannya semakin besar”.
Sedangkan
menurut Terry (1994;145) yang
disusun oleh Halim mengatakan bahwa:
“Promosi adalah pertimbangan
lain yang harus dipertimbangkan di dalam development
program dan mempunyai tiga jenis proses perencanan, yaitu:
1.
Kedudukan yang pernah atau telah
diduduki
2.
Kedudukan yang sekarang sedang diduduki
3.
Kedudukan yang sekarang diduduki pada
masa yang akan datang”.
Dari
pendapat-pendapat di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa promosi pegawai
ditandai dengan adanya perubahan posisi ke tingkat yang lebih tinggi. Adanya
perubahan tersebut menimbulkan tanggung jawab, hak-hak, status, wewenang yang
meningkat, untuk itu diperlukan kecakapan atau kemampuan yang lebih baik atau
lebih tinggi.
Post a Comment