Peranan Manajemen
Definisi
dari pengertian fungsi atau peranan manajerial adalah sebagai berikut:
1. Planning
(Perencanaan)
Perencanaan
berarti penetapan terlebih dahulu apa yang dilakukan (what to do), bagaimana melakukannya (how to do), kapan melakukannya (when
to do), dan siapa yang melakukannya (whom
to do). Atau dengan kata lain perencanaan dilakukan terhadap tujuan-tujuan,
strategi-strategi, kebijakan-kebijakan, program-program, serta
prosedur-prosedur dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.
2. Organizing
(Pengorganisasian)
setelah
semua perencanaan disusun kemudian dibuat suatu struktur organisasi. Struktur
organisasi tersebut diharapkan dapat menggambarkan hubungan antara pekerjaan,
karyawan, serta hubungannya secara vertikal. Individu dikelompokkan dalam aktivitas-aktivitasnya
yang sudah ditetapkan oleh departemenisasi dan diberi wewenang dan tanggung
jawab terhadap pekerjaannya.
3. Directing
(Pengarahan)
Maksud
dari fungsi ini adalah mengarahkan dan mempengaruhi karyawan dan semua orang
yang terlibat dalam organisasi sehingga mereka melakukan pekerjaan yang sesuai
dengan segala yang telah direncanakan.
4. Controlling
(Pengendalian dan Pengawasan)
Pengendalian
dan pengawasan dimulai dengan pengukuran aktivitas para karyawan dan
membandingkannya dengan rencana yang telah ditetapkan, serta mengadakan
perbaikan seperlunya bila terjadi penyimpangan-penyimpangan.
Semua fungsi manajerial ini dilakukan
pada semua fungsi-fungsi operasi yang ada di dalam perusahaan, agar keseluruhan
fungsi operasional tersebut dapat berjalan dengan efektif dan efisien dalam
pencapaian tujuan.
Post a Comment