Syarat-syarat Promosi Jabatan



  Syarat-syarat Promosi Jabatan
            Syarat-syarat promosi jabatan menurut Alex Nitisemito (1998:82) mengemukakan sebagai berikut :
1.      Pengalaman : banyaknya pengalaman seorang pegawai seringkali dipakai salah satu syarat untuk promosi karena dengan pengalaman yang lebih banyak diharapkan memiliki kemampuan yang lebih banyak diharapkan memiliki kemampuan yang lebih tinggi dan ide yang lebih banyak
2.      Tingkat pendidikan : tingkat pendidikan seorang pegawai dapat dipakai sebagai salah satu syarat untuk dapat dipromosikan dengan alasan bahwa tingkat pendidikan yang lebih tinggi dapat diharapkan pemikiran yang lebih baik.
3.      Loyalitas : loyalitas atau kesetiaan pegawai terhadap perusahaan tempat dimana pegawai tersebut bekerja seringkali dipakai sebagai syarat untuk promosi. Hal ini disebabkan dengan loyalitas yang tinggi dapat diharapkan tanggung jawab yang lebih besar.
4.      Kejujuran : masalah kejujuran merupakan syarat promosi yang penting karena pada umumnya syarat kejujuran merupakan syarat utama yang harus diperhatikan.
5.      Tanggung jawab : seringkali perusahaan memerlukan tanggung jawab yang cukup besar sehingga masalah tanggung jawab merupakan syarat utama untuk promosi.
6.      Prestasi kerja : pada umumnya setiap perusahaan selalu mencantumkan syarat prestasi kerja pegawai yang telah dicapainya.
7.      Inisiatif dan kreatif : untuk promosi jabatan tertentu tingkat inisiatif dan kreatif harus diperhatikan, hal ini disebabkan untuk jabatan tersebut sangat diperlukan tindakan inisiatif dan kreatif.
            Menurut I.G. Wursanto (1989:69) Seorang pegawai dapat dipromosikan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi apabila persyaratan dibawah ini dipenuhi :
1.      Promosi  hendaknya dilakukan atas dasar kecakapan (merit). Promosi  hendaknya diberikan kepada pegawai yang paling cakap dari antara para pegawai.
2.      Promosi hendaknya diselenggarakan menurut program promosi yang telah dibuat, dan sesuai dengan kebijaksanaan promosi dari urusan kepegawaian.
3.      Promosi hendaknya dilaksanakan atas dasar alasan-alasan yang tepat.
4.      Program promosi hendaknya dilaksanakan berdasarkan metode-metode    penilaian yang obyektif.

No comments

Powered by Blogger.