Metode Pengukuran Kepuasan Pelanggan
Ada beberapa cara yang digunakan perusahaan untuk mengukur kepuasan pelanggan. Menurut Kotler (2002 : 45) mengemukakan empat metode untuk mengukur kepuasan pelanggan, yaitu :
1.
Sistem keluhan dan saran
Perusahaan mempermudah pelanggan dalam memberikan saran
dan keluhan tentang pendapat mereka terhadap perusahaan dengan cara menyediakan
kotak saran dan kartu komentar. Bagi perusahaan informasi itu merupakan sumber
gagasan yang baik dan meyakinkan perusahaan bertindak cepat untuk menyelesaikan
masalah.
2.
Survei kepuasan pelanggan
Perusahaan mengukur kepuasan pelanggan secara langsung
dengan melakukan survei berkala. Perusahaan mengajukan pertanyaan-pertanyaan
atau menelepon pelanggan-pelanggan terakhir mereka sebagai sampel acak dan
menanyakan apakah mereka amat puas, puas, biasa saja, kurang puas, atau amat
tidak puas terhadap kinerja perusahaan, serta meminta pendapat pelanggan
tentang kinerja para pesaingnya.
3.
Belanja siluman
Perusahaan
dapat membayar orang-orang untuk bertindak sebagai pembeli potensial guna
melaporkan hasil temuan mereka tentang kekuatan dan kelemahan yang mereka alami
ketika membeli produk perusahaan dan produk pesaing. Mereka dapat menyampaikan
masalah tertentu untuk menguji apakah staf penjualan perusahaan menangani
situasi tersebut dengan baik.
4.
Analisis pelanggan yang hilang
Perusahaan-perusahaan
harus menghubungi para pelanggan yang berhenti membeli atau berganti pemasok.
Perusahaan harus mempelajari penyebabnya dan harus memperhatikan tingkat
kehilangan pelanggan. Dimana jika meningkat menunjukkan bahwa perusahaan gagal
dalam memuaskan pelanggannya.
Post a Comment