Alat Promosi Penjualan
Perencanaan promosi harus memperhitungkan
jenis pasar, tujuan promosi penjualan, kondisi persaingan dan efektivitas dari
tiap alat promosi penjualan yang dipergunakan.
Menurut Philip Kotler (2003:612)
terdapat beberapa alat promosi penjualan bagi konsumen, bisnis dan wiraniaga ,
serta bagi perdagangan.
1. Alat Promosi Konsumen (Major consumer promotion
tools), terdiri dari :
a.
Samples
Sampel adalah tawaran gratis
atas sejumlah produk atau jasa. Sampel tersebut dapat dikirimkan dari rumah ke
rumah, dikirim melalui pos, diambil melaui toko, disertakan pada produk lain,
atau ditampilkan dalam suatu tawaran iklan.
b.
Coupons
Kupon adalah sertifikat yang
memberi hak kepada pemegangnya untuk mendapat pengurangan harga seperti yang
tercetak bila membeli produk tertentu. Kupon dapat dikirimkan, disertakan, atau
dilampirkan pada produk, atau diselipkan pada iklan di majalah dan koran.
c.
Cash refound offers / rabats
Tawaran Pengembalian tunai / Rabat
adalah memberikan pengurangan harga setelah pembelian terjadi dan bukan pada
saat di toko pengecer.
d.
Price pack (cents off deal)
Paket harga (Transaksi
potongan-rupiah) adalah menawarkan kepada konsumen penghematan dari harga
yang biasa dengan mendapatkan suatu
produk yang tertera pada label atau kemasan. Paket pengurangan harga (Reduced price pack) yaitu paket tunggal
yang dijual dengan pengurangan harga seperti beli satu dapat dua. Paket ikatan (Banded pack) yaitu dua produk yang
berhubungan digabungkan bersama seperti sikat gigi dan pasta gigi.
e.
Premium (gifts)
Premi (Hadiah) adalah barang
yang ditawarkan dengan biaya yang relatif rendah atau gratis sebagai insentif
bila membeli produk tertentu. Premi berbentuk paket (with pack premium), menyertai produk didalamnya (in pack) atau pada kemasannya (on pack). Kemasan itu sendiri berupa
wadah yang dapat digunakan kembali, dapat berfungsi sebagai premi. Premi pos
gratis (free in the mail premium)
adalah suatu produk yang diposkan kepada konsumen yang mengirimkan bukti
pembelian. Premi yang diuangkan sendiri (self
liquidating premium) adalah suatu produk yang dijual dibawah harga eceran
normal kepada konsumen yang memintnya.
f.
Prize (contest, Sweep stakes, games)
Hadiah (Kontes, undian,
permainan) adalah tawaran kesempatan untuk memenangkan uang tunai,perjalanan atau
barang karena membeli sesuatu. Kontes meminta konsumen agar memberikan msukan
untuk diuji oleh sekelompok juri yang akan memilih peserta terbaik. Undian
meminta konsumen untuk menyebutkan nama mereka kedalam penarikan undian.
Permainan memberikan sesuatu kepada konsumen setiap kali mereka membeli suatu
yang memungkinkan konsumen memenangkan hadiah.
g.
Patronage awards
Hadiah loyalitas pelanggan
adalah hadiah berupa uang tunai atau bentuk lain yang proporsional dengan
loyalitas seseorang atau sekelompok pemasok.
h.
Free trials
Percobaan gratis adalah mengundang
calon pembeli untuk mencoba produk tertentu secara cuma-cuma dengan harapan
mereka akan membeli produk tersebut.
i.
Product waranties
Garansi produk adalah janji
yang diberikan oleh penjual baik secara eksplisit maupun implisit bahwa
produknya akan berkerja sesuai spesifikasi atu jika produknya gagal, maka
penjual akan memperbaiki atau mengembalikan uang pelanggan selama periode
tertentu.
j.
Tie in promotions
Promosi gabungan adalah dua
atau lebih merek atu perusahaan berkerja sama (tie in promotion) mengeluarkan kupon, mengembalikan uang dan
mengadakan kontes untuk meningkatkan daya tarik mereka.
k.
Cross promotions
Promosi silang adalah menggunakan
satu merek untuk mengiklankan merek lain yang tidak laku.
l.
Point of purchase (POP) displays and
demonstration
Pajangan dan demonstrasi di
tempat pembelian adalah pajangan dan demonstrasi POP berlangsung ditempat
pembelian atau penjualan.
2. Alat Promosi Perdagangan (Major
trade promotion), terdiri dari:
a.
Price off
Potongan harga (Dikurangkan
dari harga faktur atau dari daftar harga) adalah diskon yang langsung dari
daftar harga untuk tiap pembelian selama periode tertentu. Tawaran tersebut
mendorong penyalur supaya membeli atau menyimpan jenis barang baru yang tidak
biasanya mereka beli. Penyalur dapat menggunakan tunjangan pembelian untuk
mendapatkan laba, iklan, atau pengurangan harga secara cepat.
b.
Allowance
Tunjangan adalah jumlah yang
ditawarkan sebagai imbalan karena pengecer menyetujui untuk menampilkan produk
produsen manufaktur dengan cara tertentu. Tunjangan iklan membayar pengecer
supaya mengiklankan produk produsen. Tunjangan pajangan membayar pengecer
supaya memajang pajangan produk khusus.
c.
Free goods
Barang gratis adalah menawarkan
tambahan barang dagangan kepada perantara yang membeli dalam jumlah tertentu
atau yang mengutamakan rasa atau ukuran tertentu. Produsen manufaktur dapat
menawarkan kepada pengecer berupa uang atau produk khusus secara gratis yang
bertuliskan nama perusahaan.
3. Alat Promosi Bisnis Wiraniaga (Major
business and sales force promotion tools), terdiri dari:
a.
Trade shows and convention
Pameran dagang dan kovensi
adalah asosiasi industri mengatur pameran dagang atau konvensi tahunan.
Perusahaan yang menjual produk atau jasa kepada industri tertentu membeli ruang
dan mendirikan stand serta pajangan untuk mendemonstrasikan produk mereka pada
pameran dagang tersebut.
b.
Sales contest
Kontes penjualan adalah kontes
yang melibatkan wiraniaga atau penyalur yang bertujuan untuk mendorong mereka
meningkatkan hasil penjualan selama satu periode tertentu, dan hadiah diberikan
kepada yang berhasil.
c.
Specialty advertising
Iklan khusus adalah terdiri
dari barang-barang berguna, berbiaya rendah yang menggunakan nama serta alamat
perusahaan, dan kadang-kadang berupa pesan iklan yang diberikan wiraniaga
kepada calon dan pelanggan.
Post a Comment