Faktor-Faktor Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Promosi Penjualan
Dalam melaksanakan program promosi
penjualan ada beberapa faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan agar
pelaksanaan program tersebut dapat terlaksana dengan baik.
Menurut Yevis Marty Oesman dan Djaslim
Saladin (1999:164), ada beberapa
faktor yang perlu dipertimbangkan dalam melaksanakan suatu promosi penjualan:
1. Estabilish
the sales promotion objective and select the sales promotion tools (menetapkan dan menyeleksi promosi
penjualan berdasarkan tujuan dari promosi penjualan).
2. Size
of incentives (besarnya
insentif)
3. Duration
and timing of promotion
(lamanya dan jangka waktu produksi)
4. Total
sales promotion budget (besarnya anggaran penjualan keseluruhan yang
tersedia)
5. Competition (kompetisi)
6. Market
condition (kodisi pasar)
Sedangkan menurut William F. Schoell (1993:25) dalam Buchari Alma (2004:180) mengungkapkan bahwa faktor-faktor yang
mempengaruhi adalah:
1. The
marketer.
Dalam hal ini bisa digunakan push strategy dan pull strategy. Kegiatan push
adalah mendorong penjualan yang dapat terjadi karena produsen mendorong pedang
besar kemudian pedagang besar mendorong pengecer, dan pengecer mendorong
konsumen agar mau membeli suatu produk dan akan memperoleh bonus tertentu,
sedangkan pull produsen langsung
mengarahkan ke konsumen akhir. Nanti konsumen lah yang meminta produk tersebut
ke toko dan toko meminta produk tersebut ke produsen melalui agen produsen.
2. The
target market.
Siapa calon konsumen, dimana lokasinya,
ini akan mempengaruhi promotion mix
yang akan di gunakan.
3. The
Product.
Maksudnya melihat posisi produk dalam
tingkat siklus kehidupan. Pada tahap introduksi produk, promosi diarahkan untuk
memperkenalkan produk dengan cara memberi sample gratis. Pada tahap growth promosi diarahkan untuk
memantapkan kepercayaan masyarakat.
4. The
Situation.
Ini tergantung pada berbagai situasi lingkungan
perusahaan, seperti persaingan, ekonomi, politik dan sebagainya
Post a Comment