Faktor-Faktor Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Promosi Penjualan




Dalam melaksanakan program promosi penjualan ada beberapa faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan agar pelaksanaan program tersebut dapat terlaksana dengan baik.
Menurut Yevis Marty Oesman dan Djaslim Saladin (1999:164), ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam melaksanakan suatu promosi penjualan:
1.      Estabilish the sales promotion objective and select the sales promotion tools (menetapkan dan menyeleksi promosi penjualan berdasarkan tujuan dari promosi penjualan).
2.      Size of incentives (besarnya insentif)
3.      Duration and timing of promotion (lamanya dan jangka waktu produksi)
4.      Total sales promotion budget (besarnya anggaran penjualan keseluruhan yang tersedia)
5.      Competition (kompetisi)
6.      Market condition (kodisi pasar)
Sedangkan menurut William F. Schoell (1993:25) dalam Buchari Alma (2004:180) mengungkapkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi adalah:
1.      The marketer.
Dalam hal ini bisa digunakan push strategy dan pull strategy. Kegiatan push adalah mendorong penjualan yang dapat terjadi karena produsen mendorong pedang besar kemudian pedagang besar mendorong pengecer, dan pengecer mendorong konsumen agar mau membeli suatu produk dan akan memperoleh bonus tertentu, sedangkan pull produsen langsung mengarahkan ke konsumen akhir. Nanti konsumen lah yang meminta produk tersebut ke toko dan toko meminta produk tersebut ke produsen melalui agen produsen.
2.      The target market.
Siapa calon konsumen, dimana lokasinya, ini akan mempengaruhi promotion mix yang akan di gunakan.
3.      The Product.
Maksudnya melihat posisi produk dalam tingkat siklus kehidupan. Pada tahap introduksi produk, promosi diarahkan untuk memperkenalkan produk dengan cara memberi sample gratis. Pada tahap growth promosi diarahkan untuk memantapkan kepercayaan masyarakat.

4.      The Situation.
Ini tergantung pada berbagai situasi lingkungan perusahaan, seperti persaingan, ekonomi, politik dan sebagainya

2 comments:

Powered by Blogger.