Faktor-Faktor Yang Diperlukan Dalam Pelayanan
Perusahaan tidak terlepas
dari beberapa faktor yang harus dijadikan bahan pertimbangan dalam pelayanan,
menurut Yazid (1999 : 14)
terdapat beberapa faktor yang harus dijadikan bahan pertimbangan
perusahaan dalam pelayanan antara lain :
- Ketepatan waktu pelayanan
Hal-hal
yang perlu diperhatikan disini berkaitan dengan waktu tunggu dan prose
pelayanan
- Akurasi pelayanan
Yang berkaitan dengan reabilitas pelayanan terutama bagi mereka
yang berinteraksi langsung dengan pelanggan eksternal. Citra pelayanan dari
industri jasa sangat ditentukan oleh orang-orang dari perusahaan yang berada
pada garis depan dalam melayani pelanggan eksternal.
- Tanggung jawab
Berkaitan dengan penerimaan pesan dan penanganan keluhan dari
pelanggan ekternal
- Kelengkapan
Mencakup pelayanan dan ketersediaan sarana pendukung serta
pelayanan komplementer lainnya
- Kemudahan mendapatkan pelayanan
Tersedianya petugas yang melayani, seperti banyaknya fasilitas
komputer untuk memproses data
- Variasi model pelayanan
Berkaitan dengan motivasi untuk memberikan pola-pola baru dalam
pelayanan
- Pelayanan pribadi
Berkaitan dengan fleksibilitas, penanganan permintaan secara
khusus.
- Kenyamanan dalam memproses pelayanan
Berkaitan dengan lokasi, ruang tempat pelayanan, kemudahan
menjangkau, tempat parkir, dan ketersediaan informasi.
- Atribut pendukung pelayanan lainnya
Berkaitan
dengan kebersihan, fasilitas musik, dan AC
- Kesopanan dan keramahan petugas dalam memberikan pelayanan
Terutama
bagi mereka yang berinteraksi langsung dengan pelanggan.
Post a Comment