Faktor-Faktor Yang Diperlukan Dalam Pelayanan



   
               Perusahaan tidak terlepas dari beberapa faktor yang harus dijadikan bahan pertimbangan dalam pelayanan, menurut Yazid (1999 : 14)  terdapat beberapa faktor yang harus dijadikan bahan pertimbangan perusahaan dalam pelayanan antara lain :
  1. Ketepatan waktu pelayanan
Hal-hal yang perlu diperhatikan disini berkaitan dengan waktu tunggu dan prose pelayanan


  1. Akurasi pelayanan
Yang berkaitan dengan reabilitas pelayanan terutama bagi mereka yang berinteraksi langsung dengan pelanggan eksternal. Citra pelayanan dari industri jasa sangat ditentukan oleh orang-orang dari perusahaan yang berada pada garis depan dalam melayani pelanggan eksternal.
  1. Tanggung jawab
Berkaitan dengan penerimaan pesan dan penanganan keluhan dari pelanggan ekternal
  1. Kelengkapan
Mencakup pelayanan dan ketersediaan sarana pendukung serta pelayanan komplementer lainnya
  1. Kemudahan mendapatkan pelayanan
Tersedianya petugas yang melayani, seperti banyaknya fasilitas komputer untuk memproses data
  1. Variasi model pelayanan
Berkaitan dengan motivasi untuk memberikan pola-pola baru dalam pelayanan
  1. Pelayanan pribadi
Berkaitan dengan fleksibilitas, penanganan permintaan secara khusus.
  1. Kenyamanan dalam memproses pelayanan
Berkaitan dengan lokasi, ruang tempat pelayanan, kemudahan menjangkau, tempat parkir, dan ketersediaan informasi.
  1. Atribut pendukung pelayanan lainnya
Berkaitan dengan kebersihan, fasilitas musik, dan AC
  1. Kesopanan dan keramahan petugas dalam memberikan pelayanan
Terutama bagi mereka yang berinteraksi langsung dengan pelanggan.

No comments

Powered by Blogger.