Pengertian Pelayanan
Dalam
melaksanakan kegiatan usahanya pelayanan sangat penting diperhatikan oleh
perusahaan. Karena perusahaan tidak bisa memandang suatu barang atau jasa dari
segi fisiknya saja. Ada
kalanya pelanggan memandang suatu perusahaan dari pelayanan yang diberikan
perusahaan. Jadi dalam hal ini pelayanan merupakan bagian dari suatu perusahaan
yang merupakan garis penghubung antar pelanggan dan perusahaan.
Untuk
memahami pengertian mengenai pelayanan terhadap pelanggan, beberapa ahli
mendefinisikan pelayanan sebagai berikut :
Definisi
pelayanan menurut A. S. Moenir (2002 : 26) sebagai berikut “Pelayanan adalah kegiatan yang dilakukan
oleh seseorang atau kelompok orang dengan landasan faktor material melalui
sistem, prosedur, dan metode tertentu dalam rangka untuk memenuhi kepentingan
orang lain sesuai dengan hakikatnya”.
Adapun
pengertian pelayanan menurut Adrian Payne (2000 : 16) yaitu :
“Pelayanan
merupakan ketepatan waktu dan reabilitas penyampaian produk dan jasa kepada
pelanggan sesuai dengan harapan mereka”.
Sedangkan
menurut Craven (2000 : 23) pengertian pelayanan sebagai berikut :
“Pelayanan
adalah suatu proses kegiatan yang menambah nilai dan hubungan pembeli dan
penjual, prosesnya harus didefinisikan, dianalisis, dan dikelola dengan tujuan
untuk memperbaiki kepuasan konsumen.”
Dari beberapa pendapat di atas
dapat disimpulkan bahwa pelayanan pelanggan merupakan suatu alat komunikasi
dimana atas dasar ini perusahaan akan mengetahui keinginan-keinginan pelanggan
serta menampung saran, kritik, dan keluhan-keluhan sehingga pada akhirnya dapat
memberikan kepuasan bagi pelanggan.
Post a Comment