Pengertian Kepuasan Pelanggan
Untuk memahami mengenai
kepuasan pelanggan, di bawah ini akan disampaikan beberapa pengertian kepuasan
pelanggan yang dikemukakan oleh beberapa ahli :
Menurut
Philip Kotler (2002 : 42) sebagai berikut :
“Kepuasan
pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah
membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja (atau hasil) suatu
produk dan harapannya”.
Adapun
pengertian kepuasan pelanggan menurut Engel yang dikutip Fandy Tjiptono
(2001 : 146) sebagai berikut :
“Kepuasan pelanggan merupakan
evaluasi purna beli dimana alternatif yang dipilih sekurang-kurangnya
memberikan harapan pelanggan, sedangkan ketidakpuasan timbul apabila hasil yang
diperoleh tidak memenuhi harapan pelanggan”.
Berdasarkan definisi-definisi di atas, terdapat kesamaan
pengertian kepuasan pelanggan yaitu harapan dan hasil atau kinerja yang
dirasakan pelanggan. Dimana harapan pelanggan merupakan perkiraan atau
keyakinan pelanggan tentang apa yang akan diterima jika membeli dan
mengkonsumsi barang atau jasa. Sedangkan hasil atau kinerja yang dirasakan
merupakan persepsi konsumen terhadap apa yang diterima setelah mengkonsumsi
barang atau jasa tersebut.
Post a Comment