Klasifikasi Jasa



               Pemasaran jasa adalah kegiatan penawaran terhadap jasa itu sendiri kepada konsumen. Sehingga dapat dikatakan bahwa penawaran itu merupakan komponen utama dari jasa, dimana penawaran itu menurut Kotler (2002 : 487) dibagi kedalam lima kategori, antara lain :
1.      Barang berwujud murni yaitu penawaran yang terdiri dari barang berwujud, tidak ada jasa yang menyertainya
      Contoh : garam, gula, merica, sabun, pasta gigi
2.      Barang berwujud disertai layanan yaitu penawaran berupa barang berwujud yang disertai dengan satu atau beberapa jenis jasa untuk meningkatkan daya tarik konsumen
Contoh : perusahaan dealer mobil tidak hanya menjual produknya saja tetapi disertai jasa pendukung dari awal, proses dan sesudah produk tersebut terjual.
3.      Campuran yaitu penawaran terdiri barang dan jasa dalam proporsi yang sama
Contoh : orang datang ke restoran untuk mendapatkan makanan dan pelayanan yang diberikan
4.      Jasa utama yang disertai barang dan jasa tambahan yaitu penawaran terdiri dari jasa utama yang disertai dengan jasa tambahan atau barang pendukung
Contoh : penumpang pesawat terbang membeli jasa transportasi udara
5.      Jasa murni yaitu penawaran hanya terdiri dari jasa
Contoh : psikiater, guru, laundry, psikolog

No comments

Powered by Blogger.