Klasifikasi Jasa
Pemasaran jasa adalah
kegiatan penawaran terhadap jasa itu sendiri kepada konsumen. Sehingga dapat
dikatakan bahwa penawaran itu merupakan komponen utama dari jasa, dimana
penawaran itu menurut Kotler (2002 : 487) dibagi kedalam lima kategori, antara lain
:
1.
Barang berwujud murni yaitu penawaran yang terdiri dari
barang berwujud, tidak ada jasa yang menyertainya
Contoh : garam,
gula, merica, sabun, pasta gigi
2.
Barang berwujud disertai layanan yaitu penawaran berupa
barang berwujud yang disertai dengan satu atau beberapa jenis jasa untuk
meningkatkan daya tarik konsumen
Contoh :
perusahaan dealer mobil tidak hanya menjual produknya saja tetapi disertai jasa
pendukung dari awal, proses dan sesudah produk tersebut terjual.
3.
Campuran yaitu penawaran terdiri barang dan jasa dalam
proporsi yang sama
Contoh : orang datang ke
restoran untuk mendapatkan makanan dan pelayanan yang diberikan
4.
Jasa utama yang disertai barang dan jasa tambahan yaitu
penawaran terdiri dari jasa utama yang disertai dengan jasa tambahan atau
barang pendukung
Contoh : penumpang pesawat terbang membeli jasa transportasi
udara
5.
Jasa murni yaitu penawaran hanya terdiri dari jasa
Contoh : psikiater, guru, laundry,
psikolog
Post a Comment