Tujuan Promosi Penjualan
Secara umum semua perusahaan melakukan promosi
penjualan untuk meningkatkan volume penjualan guna mendapatkan laba yang
semaksimal mungkin.dan beberapa pendapat para ahli mengenai tujuan penjualan:
Tujuan promosi penjualan menurut Fandi Tjiptono (2002:221) :
1. Menginformasikan (informing), dapat berupa : (a)Menginformasikan pasar mengenai
keberadaan suatu produk baru; (b)Memperkenalkan cara pemakaian yang baru dari
suatu produk; (c)Menyampaikan perubahan harga kepada pasar; (d)Menjelaskan cara
kerja suatu produk; (e)Menginformasikan jasa-jasa yang disediakan oleh
perusahaan; (f)Meluruskan kesan yang keliru; (g)Mengurangi ketakutan atau
kekhawatiran pembeli; (h)Membangun citra perusahaan.
2. Membujuk pelanggan sasaran (persuasing) untuk : (a)Membentuk pilihan
merk; (b)Mengalihkan pilihan ke merk tertentu; (c)Mengubah persepsi pelanggan
terhadap atribut produk; (d)Mendorong pembeli untuk belanja saat itu juga; (e)Mendorong
pembeli untuk menerima kunjungan wiraiaga (salesmen).
3. Mengingatkan (reminding), dapat terdiri atas : (a)Mengingatkan pembeli bahwa
produk yang bersangkutan dibutuhkan dalam waktu dekat; (b)Mengingatkan pembeli
akan tempat-tempat yang menjual produk perusahaan; (c)Membuat pembeli tetap
ingat walaupun tidak ada kampaye iklan; (d)Menjaga agar ingatan pertama pembeli
jatuh pada produk perusahaan.
Dan tujuan promosi penjualan menurut
menurut Buchari Alma (2004:181):
1. Memberi informasi.
Dengan promosi perusahaan dapat memberikan
informasi mengenai produk atau jasa yang akan di tawarkan kepada konsumen yang
nantinya akan menimbulkan perhatian (attention)
konsumen sesuai dengan konsep AIDA yang dikemukakan Buchari Alma (2000:141)
2. Menarik perhatian.
Sesuai dengan konsep AIDA, setelah timbul
rasa perhatian (attention) kemudian
timbul minat (interest) dengan timbulnya
minta, maka konsumen akan lebih mempelajari produk yang diminatinya dengan
melihat-lihat dan sebagainya. Apabila produk yang dicari ternyata cocok maka
timbulah keingangan (desire) untuk
membeli produk tersebut.
3. Memberi pengaruh meningkatnya penjualan.
Setelah promosi menarik perhatian, minat,
dan keinginan konsumen, maka langkah terakhir yang akan diambil konsumen yaitu
dengan melakukan pembelian (action)
dengan melakukan transaksi maka jelas bahwa promosi memberi pengaruh
meningkatnya penjualan.
Post a Comment