Tujuan Promosi Penjualan




Secara umum semua perusahaan melakukan promosi penjualan untuk meningkatkan volume penjualan guna mendapatkan laba yang semaksimal mungkin.dan beberapa pendapat para ahli mengenai tujuan penjualan:
Tujuan promosi penjualan menurut Fandi Tjiptono (2002:221) :
1.      Menginformasikan (informing), dapat berupa : (a)Menginformasikan pasar mengenai keberadaan suatu produk baru; (b)Memperkenalkan cara pemakaian yang baru dari suatu produk; (c)Menyampaikan perubahan harga kepada pasar; (d)Menjelaskan cara kerja suatu produk; (e)Menginformasikan jasa-jasa yang disediakan oleh perusahaan; (f)Meluruskan kesan yang keliru; (g)Mengurangi ketakutan atau kekhawatiran pembeli; (h)Membangun citra perusahaan.

2.      Membujuk pelanggan sasaran (persuasing) untuk : (a)Membentuk pilihan merk; (b)Mengalihkan pilihan ke merk tertentu; (c)Mengubah persepsi pelanggan terhadap atribut produk; (d)Mendorong pembeli untuk belanja saat itu juga; (e)Mendorong pembeli untuk menerima kunjungan wiraiaga (salesmen).
3.      Mengingatkan (reminding), dapat terdiri atas : (a)Mengingatkan pembeli bahwa produk yang bersangkutan dibutuhkan dalam waktu dekat; (b)Mengingatkan pembeli akan tempat-tempat yang menjual produk perusahaan; (c)Membuat pembeli tetap ingat walaupun tidak ada kampaye iklan; (d)Menjaga agar ingatan pertama pembeli jatuh pada produk perusahaan.

Dan tujuan promosi penjualan menurut menurut Buchari Alma (2004:181):
1.      Memberi informasi.
Dengan promosi perusahaan dapat memberikan informasi mengenai produk atau jasa yang akan di tawarkan kepada konsumen yang nantinya akan menimbulkan perhatian (attention) konsumen sesuai dengan konsep AIDA yang dikemukakan  Buchari Alma (2000:141)
2.      Menarik perhatian.
Sesuai dengan konsep AIDA, setelah timbul rasa perhatian (attention) kemudian timbul minat (interest) dengan timbulnya minta, maka konsumen akan lebih mempelajari produk yang diminatinya dengan melihat-lihat dan sebagainya. Apabila produk yang dicari ternyata cocok maka timbulah keingangan (desire) untuk membeli produk tersebut.
3.      Memberi pengaruh meningkatnya penjualan.
Setelah promosi menarik perhatian, minat, dan keinginan konsumen, maka langkah terakhir yang akan diambil konsumen yaitu dengan melakukan pembelian (action) dengan melakukan transaksi maka jelas bahwa promosi memberi pengaruh meningkatnya penjualan.

No comments

Powered by Blogger.