Metode Pengukuran Kepuasan Konsumen
Metode
Pengukuran Kepuasan Konsumen
Menurut
Philip Kotler dalam bukunya “Manajemen Pemasaran.” (2002:45) terdapat empat metode untuk
mengukur kepuasan konsumen,yaitu:
1). Sistem
keluhan dan saran
Perusahaan mempermudah pelanggan dalam memberikan saran
dan keluhan tentang pendapat mereka
terhadap perusahaan dengan cara menyediakan
kotak saran dan kartu komentar. Bagi perusahaan, informasi itu merupakan sumber
gagasan yang baik dan meyakinkan perusahaan bertindak cepat untuk menyelesaikan
masalah yang terjadi dalam memberikan pelayanan kepada konsumen.
2). Survey
kepuasan pelanggan
Perusahaan mengukur kepuasan pelanggan secara
langsung dengan melakukan survey
berkala. Perusahaan mengajukan pertanyaan-pertanyaan atau menelepon pelanggan-pelanggan
terakhir mereka, sebagai sampel acak dan menanyakan apakah mereka merasa puas, puas
atau tidak puas terhadap kinerja perusahaan, serta meminta pendapat pelanggan
tentang kinerja para pesaing.
3). Belanja siluman
Perusahaan dapat membayar orang-orang untuk bertindak
sebagai pembeli potensial (konsumen) untuk melaporkan hasil temuan mereka
tentang kekuatan dan kelemahan yang mereka alami ketika membeli produk atau
jasa perusahaan dan produk jasa pesaing. Mereka dapat menyampaikan masalah
tertentu untuk menguji apakah staf penjualan perusahaan dapat menangani situasi
tersebut dengan baik.
4). Analisis pelanggan yang hilang
Perusahaan-perusahaan harus menghubungi para pelanggan
yang berhenti membeli atau berganti
pemasok.Perusahaan harus mempelajari penyebabnya dan harus memperhatikan
tingkat kehilanagan pelanggan, dimana jika meningkat menunjukan bahwa
perusahaan gagal dalam memuaskan pelanggan
Post a Comment