Pengertian Sumber Daya Manusia


Pengertian Sumber Daya Manusia
Manusia sebagai salah satu aset dalam organisasi, mempunyai peranan penting dalam mencapai tujuan organisasi. Namun karena manusia itu terdiri dari individu – individu yang masing – masing mempunyai pola pemikiran dan tingkah laku serta kepentingan yang berbeda, maka diperlukan usaha untuk mengarahkannya agar terbentuk suatu kesatuan kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Sebuah organisasi tidak mungkin ada tanpa manusia, karena manusia merupakan suatu elemen yang selalu dijumpai dalam organisasi. Mereka mampu menciptakan tujuan, meramalkan hal – hal baru dan banyak lagi yang dapat diberikan kepada organisasi. Oleh karena manusia merupakan sumber daya yang sangat penting dimana dapat  menunjang kemajuan organisasi.
Pengelolaan sumber daya manusia yang baik akan menghasilkan  sumber daya manusia yang memiliki tingkat kemampuan dan keterampilan yang baik pula. Dimana dalam mengimplementasikan kemampuan dan keterampilan tersebut tidak luput dari masalah yang dihadapinya baik secara psikis ataupun fisik. Dengan demikian makin disadari pentingnya memahami sumber daya manusia, karena sumber daya manusia yang memiliki kondisi yang baik secara fisik atau psikis akan mempengaruhi proses pencapaian tujuan organisasi perusahaan.
Dalam manajemen sumber daya manusia kalau kita perhatikan terdapat dua pengertian utama yaitu manajemen dan sumber daya manusia. Manajemen berasal dari bahasa Inggris “to manage” yang berarti mengelola suatu aktivitas untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Sedangkan sumber daya manusia merupakan salah satu sumber daya yang terdapat dalam perusahaan, meliputi semua orang yang melakukan aktivitas.
Beberapa pengertian sumber daya manusia menurut para ahli ekonomi antara lain :

Menurut Malayu S.P Hasibuan :
“Manajemen sumber daya manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat”. (1997 : 10).

Menurut T. Hani Handoko :
“Manajemen sumber daya manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan kegiatan – kegiatan pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pelepasan sumber daya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu, organisasi dan masyarakat”. (1996: 3)

Menurut M. Agus Tulus :
“Manajemen sumber daya manusia adalah pencernaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan atas pengadaan pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemutusan hubungan kerja dengan maksud untuk membantu mencapai tujuan organisasi, individu serta masyarakat”. (1994 : 3)

Dari definisi di atas maka dapat disimpulkan bahwa manajemen sumber daya manusia adalah manajemen yang berhubungan dengan perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan terhadap berbagai macam fungsi pelaksanaan usaha untuk mendapatkan, mengembangkan dan memelihara para karyawan sedemikian rupa sehingga tujuan organisasi atau perusahaan dapat tercapai secara efektif dan seefisien mungkin, kebutuhan para karyawan dapat dilayani dengan sebaik – baiknya dan prestasi kerja karyawan dapat meningkat.

No comments

Powered by Blogger.