Pengertian Pemasaran Jasa
Pemasaran
merupakan suatu kegiatan yang menawarkan atau kegiatan tukar-menukar diantara
dua pihak atau lebih dengan tujuan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan
pelakunya. Dengan melihat pentingnya pemasaran jasa dalam kehidupan
sehari-hari, terlebih dahulu harus dipahami pengertian jasa tersebut.
Definisi jasa
menurut menurut para ahli adalah sebagai berikut:
Menurut Philip Kotler (2000:126)
“Jasa adalah setiap kegiatan atau manfaat
yang ditawarkan oleh suatu pihak lain dan
pada dasarnya tidak berwujud serta tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu. Proses
produksinya mungkin dan tidak mungkin juga tidak dikaitkan dengan suatu produk
fisik.”
Menurut Fandy
Tjiptono (2000:10)
“Jasa adalah intangible seperti kenyamanan,
hiburan, kecepatan, kesenangan, dan kesehatan. Dan perishable (jasa tidak mungkin
disimpan selagi persediaan yang siap dijual atau dikonsumsi pada saat
diperlukan). Jasa diciptakan dan dikonsumsi secara simultan.”
Menurut William J. Stanton (2004:243)
Yang
dikutip oleh Buchari Alma, dalam
bukunya Manajemen dan Pemasaran Jasa.
“Jasa adalah sesuatu yang dapat diidentifikasikan secara terpisah,
tidak berwujud, ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan. Jasa dapat dihasilkan
dengan menggunakan benda-benda berwujud atau tidak.”
Menurut Rambat Lupiyoadi (2001:5)
“Jasa merupakan suatau aktivitas ekonomi
yang hasilnya tidak merupakan produk dalam bentuk fisik atau konstruksi, yang
biasanya dikonsumsi pada saat yang sama dengan waktu yang dihasilkan dan
memberikan nilai tambah atau masalah yang dihadapi oleh konsumen.”
Menurut Dzaslim Saladin, S.E (2003:71)
“Jasa adalah kegiatan atau manfaat yang
dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya tidak
berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan apapun”
Dari
semua definisi diatas, maka dapat disimpulan bahwa jasa merupakan suatu
aktivitas tidak berwujud, tidak mengakibatkan kepemilikan dan dapat menciptakan
kepuasan. Selain itu dalam memproduksinya jasa bisa dikaitkan atau tidak
dikaitkan dengan produk fisik, jasa juga diciptakan dan dikonsumsi secara
simultan.
Post a Comment