Kualitas Pelayanan



               Suatu cara perusahaan jasa untuk tetap dapat unggul bersaing dalam memberikan jasa dengan kualitas yang lebih tinggi dari pesaingnya secara konsisten. Harapan pelanggan dibentuk oleh pengalaman masa lalunya, pembicaraan dari mulut ke mulut serta promosi yang dilakukan oleh perusahaan jasa.
   Menurut Yazid (2003 : 158) terdapat lima dimensi kualitas pelayanan (service quality), yaitu :
  1. Kenyataan (Tangible)
Suatu kebutuhan pelanggan yang berfokus pada penampilan barang atau jasa yang merupakan bukti jasmani (bukti diri) dan hasil dari pelayanan. Tangebilitas khususnya lingkungan fisik merupakan salah satu aspek organisasi jasa yang mudah terlihat oleh konsumen, maka apapun bentuknya harus didesain dengan cara yang konsisten.
  1. Keamanan atau perlindungan (Empathy)
Kemudahan dalam melakukan komunikasi yang baik dan pemahaman atas kebutuhan para pelanggan. Organisasi jasa dapat memposisikan dirinya berdasarkan empati yang dibangun diatas kebutuhan pelanggan akan perhatian, yaitu berupa perhatian individual.
  1. Kepercayaan (Reability)
Pemenuhan janji pelayanan segera dan memuaskan dari permasalahan organisasi. Reability atau kepercayaan merupakan kecakapan dalam memberikan pelayanan yang tepat dan dapat diandalkan yang meliputi waktu dan kecakapan dalam menangani pelanggan. Pelanggan sudah dapat memperkirakan bagaimana kualitas pelayanan yang disampaikan pada saat pertama kali disampaikan.
  1. Tanggapan (Responsive)
Keaktifan dalam memberikan pelayanan secara tepat dan tanggap yang merupakan ketulusan dengan menolong pelanggan dan memberikan pelayanan. Dalam hal ini yang penting diingat adalah bahwa standar-standar yang digunakan harus sesuai dengan permintaan, kecepatan tanggapan yang diinginkan pelanggan serta persepsi pelanggan tentang kecepatan dan kesegeraan bukan didasarkan atas persepsi perusahaan
  1. Kepastian atau jaminan (Assurance)
Pelayanan yang memberikan jaminan kepada pelanggan meliputi kemampuan, kesopanan, sifat dipercaya yang dimiliki oleh para staf dan bebas dari bahaya resiko.

1 comment:

  1. ACY benar benar is the best broker, dengan dimana cepat masalah eksekusi, layanan yang ramah, dana trading terpercaya, bonus yang menarik, serta dimana adanya khursus online nya juga, ane yang pasti untuk saat ini bangga dan puas deh dengan telah gabung nya bersama broker terbaik seperti ACY ini, dan semoga aja dapat di kembangkan dan di pertahankan ACY ini agar ane dapat lebih lama lagi untuk merasakan aman, nyaman dalam trading forexnya bersama ACY ini

    ReplyDelete

Powered by Blogger.