Azas-azas Promosi Jabatan



Azas-azas Promosi Jabatan
            Azas-azas promosi harus ditetapkan didalam promosi jabatan secara jelas, sehingga pegawai mengetahui, sedangkan bagi perusahaan merupakan pegangan dasar mempromosikan pegawai perusahaannya.   
            Menurut Hasibuan (1997:122) mengemukakan bahwa azas-azas promosi jabatan meliputi :
1.         Kepercayaan :
Promosi hendaknya berazaskan pada kepercayaan atau keyakinan mengenai kejujuran, kemampuan dan kecakapan pegawai yang bersangkutan dalam melaksanakan tugas-tugas dengan baik pada jabatan tersebut. Pegawai tersebut akan dipromosikan, jika menunjukan kejujuran, kemampuan dan kecakapannya dalam memangku jabatan tersebut.
2.         Keadilan :
Promosi jabatan hendaknya berazaskan kepada keadilan, mempunyai penilaian kejujuran, kemempuan dan kecakapan terhadap semua pegawai. Penilaian harus jujur dan obyektif serta jangan pilih kasih. Pegawai yang mempunyai peringkat baik hendaknya mendapat kesempatan pertama untuk dipromosikan tanpa melihat suku, golongan dan keturunannya. Promosi yang berazaskan keadilan akan menjadi alat motivasi bagi pegawai untuk meningkatkan prestasinya.
3.                  Formasi :
Promosi harus berazaskan kepada formasi yang ada karena promosi jabatan hanya mungkin dilakukan jika ada promosi jabatan yang lowong.

No comments

Powered by Blogger.