Pengertian Promosi Jabatan



Pengertian Promosi Jabatan
            Untuk mendapatkan gambaran mengenai promosi jabatan, berikut ini akan dikemukakan definisi-definisi mengenai promosi jabatan menurut beberapa ahli. Menurut Alex Nitisemito (1998:81) promosi jabatan itu adalah :
“Promosi jabatan adalah proses pemindahan pegawai dari suatu jabatan ke jabatan yang lain yang lebih tinggi yang selalu diikuti oleh tugas, tanggung jawab dan wewenang yang lebih tinggi pula dari jabatan yang diduduki sebelumnya”.

            Menurut Sondang P Siagian (1999:169) dalam bukunya Manajemen Sumber Daya Manusia mengemukakan : “promosi adalah apabila seorang pegawai dipindahkan dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain yang tanggung jawabnya lebih besar, tingkatnya dalam hierarki jabatan lebih tinggi dan penghasilannya pun lebih besar pula”.
            Menurut Bambang Wahyudi (2002:173): “Suatu promosi diartikan sebagai perubahan posisi/jabatan/pekerjaan dari tingkat yang lebih rendah ke tingkat yang lebih tinggi. Perubahan ini biasanya akan diikuti dengan meningkatnya tangung jawab, hak serta status sosial seseorang”.
            Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa promosi jabatan adlah proses pemindahan pekerjaan dan jabatan dari yang lebih rendah ke posisi yang lebih tinggi dan dengan adanya konsekuensi adanya pertambahan tanggung jawab, peningkatan hak, status dan penghasilan

No comments

Powered by Blogger.