Lokasi dan Strategi Eceran
Lokasi dan Strategi Eceran
Lokasi toko eceran merupakan salah satu faktor
penting dalam usaha di bidang retail. Menurut
Levy dan Weitz (2007:200) bahwa :
“Pemilihan jenis lokasi harus bisa menguatkan
strategi pengecer, keputusan jenis lokasi harus disesuiakan dengan perilaku
berbelanja dan besarnya target pasar serta penempatan pengecer dalam target
pasar tersebut”.
Faktor
yang cenderung mempengaruhi pemilihan lokasi untuk kunjungan konsumen adalah
situasi berbelanja dimana mereka terlibat. Menurut Levy dan Weitz (2007:201)
ada beberapa macam situasi berbelanja :
a. Keyakinan berbelanja
Ketika konsumen tidak yakin
terhadap situasi berbelanja, mereka pada dasarnya memilki kepedulian untuk
meminimalisasikan usaha mereka untuk mendapatkan produk jasa yang mereka
inginkan.
b. Perbandingan berbelanja
Konsumen terlibat dalam
perbandingan berbelanja mempunyai ide yang umum mengenai jenis barang atau jasa
yang mereka inginkan, tetapi mereka tidak memiliki acuan yang kuat untuk
menguatkan mereka mengenai sebuah merk, model, atau pengecer tertentu.
c. Kekhususan berbelanja
Ketika konsumen hendak melakukan
perbelanjaan khusus, mereka tahu apa dan tidak akan bisa menerima barang
pengganti. Hal tersebut adalah merk atau kesetiaan pengecer akan memberikan
usaha lebih, jika perlu diperlukan untuk mendapatkan secara tepat apa yang
konsumen inginkan.
Post a Comment