Penyediaan Barang (Merchandising Assortment )
Penyediaan Barang (Merchandising
Assortment )
Penyediaan
barang merupakan perencanaan dan pengendalian barang dan jasa. Menurut Dunne,
Lusch and Gable (1995:264) bahwa :
“Kelengkapan barang merupakan
grup/kelompok produk yang sangat berkaitan karena diperuntukan untuk kegunaan
akhir yang sama, dijual kepada kelompok konsumen yang sama dan jatuh dalam price range yang disesuaikan”.
Ada lima penentuan barang dagangan menurut
Davidson Sweeney and Stamft (1988:347) :
1. The
Right Merchandise :
maksudnya tipe dari model-model barang, styles,
ukuran, merek, warna dan konsumen sasaran yang ingin diberikan.
2. The
Right Place : Maksudnya
tidak hanya mengenai lokasi toko, tetapi juga barang yang harus dijual di
masing-masing lokasi.
3. The
Right Time : Maksudnya
tersedianya atau mudah didapatnya barang oleh konsumen ketika mereka ingin
membeli.
4. The
Right Quantities :
Maksudnya konsumen menginginkan pilihan tipe dari barang-barang yang akan
dipergunakan dapat dipenuhi toko.
5. The
Right Prices adalah harga
yang tepat dapat menarik konsumen dalam rangka persaingan. Bagi retailer harga yang tepat dapat
menyebabkan kelayakan dari tingkat pengambilan investasi. Barry Berman, Joel R.
Evans (2001:452) mengemukakan :
“Merchandising
consist of the activities involved in acquiring particular goods and / or
services and making them available at the places, times, and price and the
quantity that enable a retailer to reach its goals ”
“Merchandising
merupakan aktivitas yang melibatkan pembelian barang dan jasa tertentu oleh
penjual eceran dan menyediakannya pada tempat, waktu, harga dan dalam jumlahnya
direncanakan yang memungkinkan penjual eceran untuk mencapai tujuannya”.
Post a Comment