Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia




Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia
          Manajemen sumber daya manusia yang sebelumnya dikenal sebagai manajemen personalia memiliki beberapa definisi berikut sesuai pendapat masing-masing ahli manajemen sumber daya manusia. Edwin B. Flippo dalam bukunya berjudul Personnel Management, yang disadur T. Hani Handoko (1996 : 3) dalam bukunya yang berjudul Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, menyatakan :
“Manajemen sumber daya manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan kegiatan-kegiatan pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pelepasan sumber daya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu, organisasi dan masyarakat”.
 Sedangkan Wendell French dalam bukunya yang berjudul The Personnel Management Process, yang disadur T. Hani Handoko (1996 : 4) dalam bukunya yang berjudul Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia menyatakan :
“Manajemen sumber daya manusia adalah kegiatan-kegiatan penarikan, seleksi, pengembangan, penggunaan, dan pemeliharaan sumber daya manusia oleh organisasi“.
Definisi pertama merupakan penggabungan fungsi-fungsi manajemen dan fungsi-fungsi operatif dibidang sumber daya manusia, sedangkan definisi kedua lebih menekankan pada fungsi-fungsi operatif bidang sumber daya manusia.

No comments

Powered by Blogger.