Tujuan Promosi Jabatan


Tujuan Promosi Jabatan
            Pada dasarnya promosi jabatan ditujukan pada peningkatan dan ketepatan perusahaan dalam mencapai sasaran perusahaan melalui pelaksanaan promosi jabatan pegawai tersebut dapat memperolrh kepuasan kerja. Promosi jabatan merupakan hal penting karena dapat mempengaruhi tingkat semangat dan kegairahan kerja pegawai serta mendorong pegawai untuk memberikan hasil kerjanya dengan baik kepada perusahaan tersebut.         
            Malayu SP Hasibuan mengemukakan (1997:172) bahwa tujuan-tujuan dari promosi jabatan adalah sebagai berikut :
1.      Untuk memberikan pengakuan, jabatan dan imbalan perusahaan yang semakin besar kepada pegawai yang berprestasi kerja tinggi.
2.      Dapat menimbulkan kepuasan dan kebanggaan pribadi, status sosial yang semakin tinggi dan penghasilan yang semakin besar.
3.      Untuk merangsang agar pegawai lebih berpengaruh bekerja, berdisiplin tinggi dan memperbesar produktivitas kerjanya.
4.      untuk menjamin stabilitas kepegawaian dengan direalisasikannya promosi kepada pegawai dengan dasar dan waktu yang tepat serta penilaian yang jujur.
5.      Kesempatan promosi dapat menimbulkan keuntungan berantai dalam perusahaan karena timbulnya lowongan berantai.
6.      Memberikan kesempatan pada pegawai untuk mengembangkan kreativitas dan inovatifnya yang lebih baik demi keuntungan optimal perusahaan.
7.      Untuk menambah atau memperluas pengetahuan serta pengalaman kerja para pegawai.
8.      Untuk mengisi kekosongan jabatan karena pejabatnya berhenti.
9.      Untuk menempatkan pegawai yang dipromosikan kepada jabatan yang tepat, semangat kerja dan ketenangannya dalam bekerja akan meningkat sehingga produktivitas kerjanya juga meningkat.
10.  Promosi akan memperbaiki status pegawai dari pegawai sementara menjadi pegawai tetap.
            Supaya tujuan tersebut dapat tercapai, mak setiap pelaksanaan promosi jabatan harus pula didasarkan atas perencanaan dan jalur karir (career planning and career path) yang telah ditetapkan oleh perusahaan maupun yang telah direncanakan oleh pegawai itu sendiri, karena dengan mengintegrasikan karir perusahaan dan karir individual, maka keduanya akan memperoleh keuntungan. Bagi pegawai keuntungannya adalah kepuasan, pengembangan pribadi dan kehidupan kerja yang berkualitas. Sedangkan bagi perusahaan dapat meningkatkan produktivitas jangka panjang, karena perusahaan akan diperkuat dengan pegawai yang sangat merasa terikat, yang dilatih dan dikembangkan secara seksama untuk melaksanakan pekerjaan.

No comments

Powered by Blogger.