Bidang-bidang Manajemen



Bidang-bidang Manajemen
            Organisasi baik yang berorientasi laba (profit oriented) maupun tidak pada dasarnya merupakan suatu sistem yang terdiri dari unsur-unsur yang saling berkaitan. Unsur-unsur tersebut antara lain meliputi manusia, proses produksi, keuangan, pemasaran dan bahan baku. Unsur-unsur tersebut perlu dibedakan namun tidak dipisahkan dalam pengelolaannya karena kebijakan disalah satu unsur akan mempengaruhi kebijakan di unsur-unsur lainnya. Perbedaan pengelolaan ini yang menyebabkan timbulnya bidang-bidang manajemen yang meliputi :

Manajemen Sumber Daya Manusia
            Berkaitan dengan pengelolaan karyawan sebagai manusia yang ingin memenuhi kebutuhan-kebutuhannya agar mendapat kepuasan material maupun immaterial dari perusahaan tempat bekerja.
 
Manajemen Produksi/Operasional
Berkaitan dengan pengelolaan kegiatan untuk menciptakan dan menambah kegunaan barang atau jasa secara efektif dan efisien dengan tetap memperhatikan berbagai aturan baik yang berkaitan dengan ketenagakerjaan, lingkungan hidup dan sebagainya.

Manajemen Keuangan
Berkaitan dengan pengelolaan pendapatan yang diperoleh perusahaan dan pembelanjaan ataupun penggunaan dana-dana perusahaan dengan cara-cara tertentu sehingga segala aktifitas perusahaan/organisasi akan tercapai melalui efisiensi yang paling optimal.

Manajemen Pemasaran
Berkaitan dengan pengelolaan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan pemasaran dalam upaya mencapai sasaran pemasaran, dengan menciptakan dan mempertahankan pertukaran dan hubungan yang menguntungkan dengan pasar sasaran (target market).

 Manajemen Material
Manajemen material berkaitan dengan pengelolaan pemakaian material seefektif dan seefisien mungkin untuk menekan pemborosan semaksimal mungkin. Manajemen material bertujuan untuk mengupayakan berbgai langkah sehingga harga pokok barang atau jasa yang dihasilkan relatif rendah dengan kualitas yang baik. Berkaitan dengan tujuan ini manajemen material sering disebut juga manajemen akuntansi biaya.

No comments

Powered by Blogger.