Hubungan Pelaksanaan Pengembangan Karier dengan Motivasi Kerja



Hubungan Pelaksanaan Pengembangan Karier dengan Motivasi Kerja
Untuk dapat mencapai tujuan dan target-target yang telah ditetapkan, perusahaan memerlukan karyawan yang mampu bekerja dengan baik, berprestasi, dan loyal terhadap perusahaan. Untuk itu diperlukan suasana kerja yang nyaman dan kondusif bagi para karyawan. Karyawan harus dikerahkan dan diarahkan kepada tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Dengan demikian pihak perusahaan (pimpinan atau manajer) harus melakukan dorongan atau motivasi kepada karyawan. Perusahaan harus bisa menciptakan suasana kerja dan keadaan yang dapat memotivasi karyawan untuk bekerja lebih giat dan semangat. Dengan motivasi diharapkan karyawan akan lebih bergairah untuk bekerja, diharapkan pula karyawan akan mempertahankan loyalitasnya pada perusahaan.
Seperti telah dijelaskan, salah satu cara untuk memotivasi kerja karyawan adalah dengan memberi kesempatan kepada mereka untuk menjalankan dan mengembangkan karier sesuai dengan kemampuannya. Pengembangan karier sangat penting karena banyak manfaatnya, diantaranya dapat mengembangkan karyawan yang sedang dipromosikan, menurunkan perputaran karyawan, mendorong pertumbuhan, dan sebagainya.
Orang-orang bekerja untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, dan setiap orang menginginkan kemajuan dalam hidupnya. Suatu karier menunjukkan orang-orang pada masing-masing  peranan atau status mereka.
Pada dasarnya pengembangan karier memiliki tujuan-tujuan yang dapat dipandang dari dua sudut, yaitu karyawan dan perusahaan, sehingga pengembangan karier diharapkan mampu menghasilkan keuntungan bagi kedua belah pihak. Dengan dilaksanakannya pengembangan karier karyawan, perusahaan akan mempunyai tenaga kerja yang siap melaksanakan pekerjaannya sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya dengan lebih mudah, sedangkan karyawan dapat mengembangkan sikap, perilaku, keterampilan, dan pengembangan pekerjaannya. Hal ini akan meningkatkan kinerja karyawan sehingga pada akhirnya akan menunjang tercapainya tujuan perusahaan. Dengan kata lain, pelaksanaan pengembangan karier akan meningkatkan motivasi individu untuk melaksanakan pekerjaannya dengan baik.
Perusahaan bukan saja mengharapkan para karyawannya hanya terampil, cakap, dan mampu bekerja, tapi yang terpenting karyawan harus mempunyai keinginan untuk mencapai hasil kerja yang optimal. Kemampuan dan kecakapan seolah tidak akan ada artinya bagi perusahaan jika karyawannya tidak mau bekerja keras dengan kemampuan dan keterampilannya tersebut. Hal tersebut terkait dengan masalah motivasi yang harus ditimbulkan dari diri para karyawan agar dapat mencapai produktivitas yang tinggi untuk mencapai tujuan perusahaan.
Motivasi dapat dikatakan merupakan usaha atau kegiatan dari manajer untuk menimbulkan semangat dan gairah kerja para karyawan. Motivasi akan ditentukan oleh motivatornya, diantaranya prestasi, penghargaan, tantangan, dan kesempatan. Dalam prakteknya, masing-masing perusahaan menganut versinya sendiri dalam merancang motivasi. Bukti yang paling dasar dari keberhasilan suatu bentuk motivasi adalah hasil yang diperoleh dari pelaksanaan suatu pekerjaan.
Bila karier seorang karyawan dikembangkan, secara otomatis kompensasi berupa gaji atau pendapatan lainnya yang berhubungan dengan kesejahteraan akan turut mengalami peningkatan. Hal ini sangat penting mengingat pemenuhan kebutuhan karyawan merupakan fundamen yang mendasari perilaku kerja. Kita tidak mungkin dapat memotivasi kerja karyawan tanpa memperhatikan apa yang dibutuhkannya.
Jadi jelas betapa erat hubungan pelaksanaan pengembangan karier dengan motivasi kerja karyawan. Hal yang penting untuk selalu dilaksanakan oleh perusahaan adalah bagaimana cara perusahaan untuk dapat lebih meningkatkan motivasi kerja karyawannya melalui program pengembangan karier ini dan bagaimana cara perusahaan menghadapi kendala yang mungkin timbul berkenaan dengan hal ini, sehingga pelaksanaan pengembangan karier karyawan dapat berjalan dengan baik dan dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.

No comments

Powered by Blogger.