Langkah-langkah Promosi Jabatan



 Langkah-langkah Promosi Jabatan
            Pelaksanaan promosi jabatan yang baik harus melalui beberapa langkah antara lain seperti yang dikemukakan oleh Michael J Juccius (1980:76) bahwa promosi jabatan yang baik harus meliputi langkah-langkah sebagai berikut :
1.   Forecast Of Job Vacansies (meramalkan lowongan kerja)
Meramalkan lowongan pekerjaan merupakan suatu hal yang sangat penting karena, bila ramalan lowongan pekerjaan seperti diatas dapat dilaksanakan dengan baik maka persiapan selanjutnya dapat dibuat untuk mencari pegawai yang tepat untuk mengisi lowongan tersebut.
2.   Central Reporting Of Vacansies (laporan pusat dari lowongan pekerjaan )
Dengan adanya laporan dari tiap bagian sehingga dapat diketahui bila terdapat lowongan di bagian tersebut, dimana organisasi berusaha agar lowongan pekerjaan tersebut dapat diisi pleh pegawai yang ada dalam organisasi tersebut, hal ini berguna sekali untuk para pegawai dalam meningkatkan semangat kerja dan loyalitas mereka.
2.      Location Qualified Employees (menempatkan pegawai yang memenuhi syarat)
Organisasi harus berusaha menemukan pegawai yang memenuhi syarat, agar bila suatu saat dibutuhkan untuk mengisi suatu lowongan, organisasi tidak kesulitan mencari pegawai yang sesuai untuk mempermudah langkah ini, maka departemen personalia mempunyai tugas untuk menyimpan catatan-catatan mengenai pribadi tiap pegawai.
4.   Notification Of All Partie Concerned (pemberitahuan kepada seluruh bagian harus diperhatikan)
Pelaksanaan promosi harus diumumkan terlebih dahulu kepada para pegawai. Pengumuman tersebut ditunjukan kepada setiap bagian yang terlibat. Bagian sentral bertanggung jawab untuk menempatkan pegawai yang sudah memenuhi syarat. Pelaksanaan program tidak boleh dilakukan tanpa persetujuan para atasan dan bagian personalia.


No comments

Powered by Blogger.