Definisi Manajemen



Definisi Manajemen
Manajemen berasal dari kata “to manage” yang artinya mengatur. Beberapa ahli mendefinisikan manajemen sebagai berikut. Malayu S.P. Hasibuan (1996 : 2) dalam bukunya berjudul Manajemen : Dasar, Pengertian, dan Masalah, menyatakan :
“Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu”.
Sedang menurut Andrew F. Sekula  dalam bukunya berjudul Personnel, Administration and Human Resources Management, yang disadur Malayu S.P. Hasibuan (1996 : 2) dalam bukunya berjudul Manajemen : Dasar, Pengertian dan Masalah, menyatakan :
“Manajemen adalah aktifitas-aktifitas perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, penempatan, pengarahan, pemotivasian, komunikasi dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sehingga akan dihasilkan suatu produk atau jasa secara efisien”.

G.R. Terry dalam bukunya Principle of Management, yang disadur Malayu S.P. Hasibuan (1996 : 2) dalam bukunya berjudul Manajemen : Dasar, Pengertian dan Masalah,  mendefinisikan sebagai berikut :
“Manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya”.




Harold Koontz dan Cyril O’ Donnel dalam bukunya yang berjudul Management yang disadur Malayu S.P. Hasibuan (1996 :3) dalam bukunya berjudul Manajemen : Dasar, Pengertian, dan Masalah, memberikan pendapat berikut  :
“Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktifitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan, dan pengendalian”.

          Dari berbagai definisi di atas, didapat suatu benang merah bahwa manajemen terutama berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia karena sumber daya inilah yang membuat, mengawasi maupun menjalankan berbagai aturan dan kebijakan pengelolaan sumber daya perusahaan lainnya yang meliputi keuangan (money), proses/metode produksi (methods), mesin-mesin (machines) dan bahan baku (material).

No comments

Powered by Blogger.